Satu produk inovatif kembali dipersembahkan oleh desa di Kabupaten Pesawaran, tepatnya Desa Batu Raja. Desa ini meluncurkan produk air layak konsumsi yang mengusung merek dagang ”Way Miyos”.

Way Miyos diproduksi oleh salah satu Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Bersama Desa Baturaja untuk memenuhi pasar air kemasan di ujung Pulau Sumatra itu.

Desa Baturaja terletak Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Unit usaha air minum kemasan merupakan inovasi BUMDes Jaya Bersama untuk memanfaatkan Sumur Bor yang dibangun melalui Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Untuk mewujudkan usaha ini, BUMDes telah menggelontorkan dana sebesar Rp 107 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Perintisan unit usaha produksi air layak konsumsi telah dilakukan sejak 2018. Untuk menjaga kualitas Air Minum, BUMDes telah melakukan uji laboratorium di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung. Hasilnya produk Way Miyos telah memenuhi standar konsumsi air layak minum.

Pemerintah Desa Baturaja berkomitmen mendukung usaha air mineral yang dikelola BUMDes ini, terlebih usaha ini membawa manfaat bagi masyarakat. Selain berkontribusi pada Pendapatan Asli Desa (PADes), unit usaha air minum telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Inovasi Desa Baturaja patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Pesawaran untuk mewujudkan desa yang kuat dan mandiri.

%d blogger menyukai ini: