Pada 2018, Pemerintah Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi mengagendakan pembangunan dan pelebaran jalan desa. Lokasi proyek berada di Kampung Babakan untuk meningkatkan akses warga menuju lahan pertanian seluas 7 (tujuh) hektar sawah.

Kondisi jalan berupa jalan setapak yang menghubungkan Desa Sasagaran dan Desa Jambenenggang. Ada 5.000 orang yang menjadi penerima manfaat dari pelebaran jalan. Proyek pembangunan dan pelebaran jalan juga menjadi bentuk penerapan pendekatan proyek karya tunai yang dicanangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Nama Inovasi Pembenihan Ikan Lele
Pengelola Pemerintah Desa Sasagaran
Lokasi/alamat Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Kontak Person Ihsan Fauzi (Sekretaris Desa Sasagaran)
Telepon +62-857-2162-0664

Kegiatan pelebaran jalan pada tahap pertama ini dilaksanakan selama 15 hari kerja dan melibatkan tenaga kerja sebanyak 50 orang, baik secara swadaya dan gotong royong. Pemerintah Desa Sasagaran sendiri mengalokasikan anggaran sebesar 70 Juta rupiah untuk kegiatan ini.

Kejutan dan keharuan muncul dalam pelaksanaan pembangunan ini. Ada 8 (delapan) orang warga menghibahkan tanahnya dengan total luas 450 meter. Hal itu membuktikan keterlibatan dan antusiasme masyarakat dalam pembangunan jalan kampung tersebut

Karena jalan Kampung Babakan ini menghubungkan Desa Sasagaran dan Jambeneggang, maka kedua desa itu sepakat akan melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD) untuk pembahasan kerjasama antardesa, termasuk membahas pembangunan tahap kedua jalan tersebut. Situasi ini memberi harapan besar bagi masyarakat akan kelanjutan pembangunan jalan tahap berikutnya.

Pelebaran jalan setapak itu akan menekan biaya trasportasi komoditas hasil pertanian karena kendaraan roda empat dapat masuk ke areal pertanian. Jalan kampung itu juga memudahkan warga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.