wajanbolik-warga-kampung-pobaim-bisa-bayar-pajak-secara-online

Pemasangan antena wajanbolic di Kampung Pobaim, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura membawa perubahan besar pada pelayanan yang diselenggarakan pemerintah kampung. Berkat antena sederhana itu, kantor Pemerintah Kampung Pobaim dapat mengakses internet dengan lancar. Dampaknya, warga kampung dapat membayar pajak secara online.

</tr

Nama Inovasi Antena Wajanbolic untuk akses internet kampung
Pengelola Pemerintah Kampung Pobaim
Alamat Kampung Pobaim, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua
Kontak Person Antonius Hawase (Kepala Kampung)
Telepon +62 852-4431-1222
Website http://pobaim.kampungjayapurakab.id

Gagasan pemasangan antena wajanbolic disosialisasikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura. Pemerintah Kampung Pobaim tertarik pada gagasan itu sehingga pertengahan September 2017 pemasangan antena di depan kantor kampung. Pemasangan wajanbolic dilakukan oleh para siswa dari SMKN 1 Sentani yang telah dilatih secara khusus oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura.

Saat pemasangan, warga tercengang karena menyaksikan wajan yang biasa mereka gunakan untuk tempat penggorengan disulap jadi antena untuk akses internet. Mereka juga bangga karena antena itu dibuat oleh putra-putri mereka yang sedang menimba ilmu di sekolah menengah kejuruan.

Setelah antena dipasang, warga bersorak gembira karena mereka bisa mengakses internet di kantor kampung. Pemerintah kampung mempergunakan akses untuk mempublikasikan kegiatan dan produk unggulan yang ada di kampung. Anak-anak sekolah dapat mencari bahan belajar yang mendukung proses pembelajaran di sekolah, sementara warga kampung dapat membayar pajak, bayar listrik, dan lainnya cukup di kantor kampung.

Selama ini, masyarakat harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mengakses pelayanan publik, seperti membayar pajak, listrik, ansuransi kesehatan, dan administrasi lainnya. Antena wajanbolic menjadi simbol revolusi bagi terwujudnya pelayanan prima di Kampung Pobaim.