Desa Penanggal terus berbenah dengan memanfaatkan potensi wisata untuk kesejahteraan warganya. Tirtosari View, wisata pemandian alam yang viral di media sosial itu dalam lima bulan terakhir mampu menyumbang pendapatan asli desa (PADes) hingga 40 juta rupiah.

Desa Penanggal terletak di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tirtosari View dikelola oleh desa dengan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Karang Taruna Des setempat. Ada sejumlah atraksi yang menjadi destinasi wisata Tirtosari View, seperti kolam renang dewasa dan anak, spot foto under water, dan outbond.

Keberadaan Tirtosari View sudah lama, namun sempat tenggelam karena dukungan menejemen pengelola yang buruk. Sebelum dikelola maksimal, pemandian tersebut hanya bisa menyumbang pemasukan pada hari Minggu, yaitu paling banyak mencapai Rp 1.800.000,-

Pada awal 2019, Pemerintah Desa Penanggal berinisiatif mengelola Tamansari View dengan sejumlah perbaikan, seperti pembersihan kolam, pembangunan kolam mandi anak-anak, spot foto di dalam air, dan outbond. Pemerintah desa juga meminta dukungan masyarakat, melakukan penataan pedagang, dan melibatkan mereka dalam menjaga kebersihan lokasi wisata.

Popularitas Tirtosari View tak lepas dari peran para pemuda Desa Penanggal. Mereka aktif mempromosikan destinasi wisata itu melalui media online dan media sosial. Dampaknya, angka kunjungan wisatawan terus meningkat.

Setiap akhir pekan, kunjungan wisatawan ke Tirtosari View tidak pernah sepi. Tiket masuk Tirtosari View juga sangat terjangkau untuk anak-anak Rp 3 ribu per-orang dan Dewasa Rp. 5 ribu. Kini, dalam satu bulan pendapatan Tirtosari View bisa tembus hingga 40 juta rupiah.

Pemasukan tersebut dimanfaatkan untuk pengembangan wisata dan dikembalikan ke masyarakat untuk kesejahteraan warga Penanggaldalam bentuk santunan kematian, operasional masjid, pesantren, dan tunjangan guru ngaji serta guru honorer.

Diolah dari https://lumajangsatu.com

%d blogger menyukai ini: