tenaga-ahli-kabupaten-di-sumatra-utara-ikuti-workshop-inovasi-desaSeluruh tenaga ahli kabupaten bidang pemberdayaan masyarakat di Sumatra Utara mengikuti workshop Program Inovasi Desa (PID). Acara berlangsung selama satu minggu, mulai 11-16 September 2017 di Hotel Antares, Medan. Workshop ini merupakan rangkaian program percepatan dan perbaikan mutu layanan pendampingan desa.

Program Inovasi Desa menguatkan kapasitas tenaga pendamping profesional agar mampu bekerja secara efektif dan strategis. Program Inovasi Desa (PID) mendorong peningkatakan produktivitas desa melalui tiga strategi, yaitu pengembangan kewirausahaan, pengingkatan kualitas sumberdaya manusia, dan pemenuhan serta peningkatan infrastruktur perdesaan.

“Program Inovasi Desa membangun dua level inovasi/kebaruan, yaitu praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. Dua unsur itu diyakini akan memberi kontribusi signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat,” jelas Yossy Suparyo, Pelatih Utama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Selain itu, Program Inovasi Desa menjawab kebutuhan desa-desa terhadap layanan teknis yang berkualitas, merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan, dan solusi inovatif dalam penggunaan Dana Desa secara tepat dan efektif.

 

%d blogger menyukai ini: