Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Malang merupakan situs bersejarah, salah satunya telaga yang ada di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon. Konon, Anoman atau Si Kethek Putih, pernah mandi di telaga ini. Bahkan, ada batu yang dianggap petilasan dari Anoman di dalam telaga.

Telaga Madiredo terletak di Dusun Lebo. Kisah Anoman dan Telaga Madirejo menjadi cerita rakyat ditularkan secara turun-temurun. Aura mistis juga terpancar kuat dalam telaga. Telaga madiredo dipercaya dihuni oleh hanoman dengan putri. Suatu saat, warga Dusun Lebo memanfaatkan sumber air di telaga untuk saluran air bersih ke rumah-rumah, akibatnya muncul banyak keanehan pada telaga. Akhirnya, warga menghentikan aktivitas itu.

Nama Inovasi Wisata Telaga Madiredo
Pengelola Pokdarwis Desa Madiredo
Alamat Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Mahfud (Kepala Desa Madiredo)
Telepon

Selain urusan mistis, pemandangan di Telaga Madiredo sangat indah. Telaga Madiredo memiliki latar alam pegunungan yang indah sehingga tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sekitar telaga dibangun sejumlah patung kera putih yang menegaskan mitos tentang Anoman. Telaga dilingkari area ladang yang rindang. Tak heran, ada 50 orang datang berwisata ke telaga ini setiap harinya.

Telaga Madiredo menjadi destinasi wisata pemandian. Air telaga yang jernih dan segar sangat cocok untuk melepas penat para wisatawan. Tak heran, Telaga Madiredo memiliki mitos bahwa orang yang mandi di telaga itu dapat awet muda. Namun, pengunjung yang mandi dilarang mendekati pusaran mata air karena arus air cukup deras.

Kunjungan wisatawan ini telah memberikan kontribusi terhadap pendapatan masyarakat yang berjualan di sekitar area wisata. Untuk masuk di wisata telaga ini pengunjung tidak di pungut biaya.

Lokasi wisata ini telah menjadi satu inovasi dari Desa Madirejo setelah Pemerintah Desa membentuk Kelompok Sadar Wisata. Pokdarwis Desa Madiredo berdiri pada 14 Februari 2017. Dari Pokdarwis inilah kegiatan pengembangan dari telaga direncanakan. Ke depan Pokdarwis menginginkan akan adanya sejumlah pengembangan, seperti perluasan area tegal dan taman bermain anak-anak.