Desa Tri Rahayu memiliki destinasi wisata baru, yaitu kolam renang Tirta Rahayu. Pembangunan taman wisata ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan studi tiru ke Desa Ponggok dan Desa Pujon. Desa Tri Rahayu memiliki sumber daya alam yang mirip dengan kedua desa tersebut sehingga replikasi inovasi mudah dilakukan.

Pada Kesempatan ini saya sangat berterimakasih dengan Pak Bupati dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Pesawaran yang telah menginspirasi Saya untuk mewujudkan wisata desa ini. Dari diskusi dan dorongan belajar di , akhirnya Kami dapat merencanakan dan membangun Wisata ini sesuai dengan Potensi yang kami miliki di desa ini.” Tambahnya lagi.

Desa Tri Rahayu terletak di Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pembiayaan pembangunan taman wisata itu berasal dari dua sumber anggaran, yaitu Dana Desa (DD) dan Dana Hibah Kabupaten pada Program Gadis (Gerakan Desa Ikut Sejahtera).

Pengelolaan taman wisata dilakukan oleh salah satu Unit Usaha BUMDes setempat. Keberadaan taman wisata menambah sumber pendapatan warga masyarakat dan Pendapatn Asli Desa (PADes) Trirahayu..

Inovasi Desa Tri Rahayu ini mendapat apresiasi positif dari Bupati Pesawaran, terutama peningkatan ekonomi masyarakat. Hal itu sesuai dengan misi Kabupaten Pesawaran yang mengusung moto one village, one destination.

Bila tren peningkatan ekonomi dapat dipertahankan oleh Desa Tri Rahayu, pada 2020 Kabupaten Pesawaran akan mendukung program lanjutan, yaitu “Bujang” (BUMDes Jejama Berkembang) sebagai kelanjutan program “Gadis” senilai seratus juta Rupiah.

Sejak dibuka pada 1 Januari 2020, taman wisata ini telah dikunjungi ribuan wisatawan, terutama wisatawan domestik. BUMDes sebagai pengelola taman wisata berjanji akan bekerja profesional sehingga para pengunjung puas.

%d blogger menyukai ini: