Desa Banjarsari berinovasi mengembangkan destinasi wisata tanaman bernama Taman Ponggok. Di areal wisata ini, pengunjung akan menyaksikan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan, Taman Ponggok menjadi media edukasi warga soal tanaman dan kehidupannya.

Taman Ponggok terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pengunjung yang masuk cukup membayar uang Rp 5.000 untuk bisa menikmati aneka ragam tanaman sayur dan bunga nan indah.

Untuk bunga, Taman Ponggok Banjarsari menawarkan jenis bunga gumitir (marigold) dengan warna kuning-orange. Panorama hijau area sawah akan menjadi latar belakang menjadikan taman ini sempurna bagi para penyuka swafoto.

Sejumlah pengunjung mengaku dibuat terpana dengan aneka warna bunga yang sudah mulai mekar. Ditambah munculnya kupu dan kumbang yang menambah destinasi ini menjadi jujukan warga lokal. Belum lagi adanya sejumlah hewan lucu yang disuguhkan oleh BUMDes sebagai pengelola wisata ini.

Pengunjung disarankan datang ke Taman Ponggok pada pagi dan sore. Cahaya matahari yang redup dan udara yang sejuk membuat pengunjung makin betah menikmati wisata seluas hampir tiga hektar ini.

Awalnya pengembangan wisata ini berasal dari kegiatan gebyar pembenihan yang dilakukan Dinas Provinsi Jawa Timur. Usai program, Pemerintah Desa Banjarsari mengambilalih dan mengembangkan destinasi wisata baru supaya Taman Ponggok menjadi sumber penghasilan desa.

Saat ini, pengunjung di wisata ini terus mengalami kenaikan. Setiap hari libur, pengunjung bisa mencapai 500 orang, sedangkan di hari biasa berkisar 100 pengunjung.

%d blogger menyukai ini: