Desa Wangon memiliki ruang publik multifungsi. Taman Kota Gelora Dewa, demikian namanya, akronim dari Gelanggang dan Arena Olahraga Desa Wangon. Pembangunan taman dibiaya dalam mekanisme pembiayaan multiyear dan multidonor, mulai tahun anggaran 2015 hingga 2017. Ada pendanaan dari swadaya masyarakat, Pendapatan Asli Desa (PADes), dan Dana Desa (DD).

Desa Wangon terletak di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi taman sebelumnya dikenal sebagai Lapangan Panggang. Pemerintah Desa Wangon mengembangkan lapangan itu menjadi sarana ruang terbuka hijau yang memberikan suasana yang sejuk, juga menjadi alternatif rekreasi murah, terutama bagi anak anak.

Nama Inovasi Taman Kota Gelora Dewa
Pengelola Pemerintah Desa Wangon
ALamat Desa Wangon, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Kontak Subejo (Kepala Desa Wangon)
Telepon +62-813-2701-0126

Keberhasilan pembangunan terletak pada inovasi Pemerintah Desa Wangon dalam melakukan sosialisasi dan perencanaan teknis yang rinci. Anggaran pembangunan taman mencapai hanya Rp 600 juta. Dua pertiga anggaran (400 juta) merupakan swadaya murni masyarakat Desa Wangon yang tersebar dalam 72 Rukun Tetangga.

Fasilitas Taman Kota Gelora Dewa mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Ada lapak-lapak untuk para pedagang yang menjual aneka produk unggulan desa. Lebar ruang untuk pejalan kaki dan lapak pedagang lebarnya 6 meter mengelilingi taman.

Untuk menarik pengunjung, taman kota ini juga dilengkapi dengan dua kolam ikan dan air mancur di sudut taman. Berbagai sarana dan prasarana tersebut diharapkan akan membuat anak-anak yang bermain akan lebih kerasan.

Pembangunan dimulai dengan pondasi seluruh sisi lapangan dilanjutkan dengan penimbunan tanah agar tidak tergenang air ketika musim hujan tiba. Dilanjutkan pemasangan paving area jogging dan sisi depan serta penambahan panggung permanen di kedua sisi, tahapan selanjutnya pemasangan tempat duduk dan lampu bunga sebagai hiasan di malam hari.

Peresmian taman ditandai dengan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Enthus Susmono, Seniman Kondang cum Bupati Kabupaten Tegal pada 21 April 2018. Pemerintah Desa Wangon berharap Taman Kota Gelora Dewa mampu menjadi destinasi wisata baru di Wangon, meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat desa.