Desa Pujo Rahayu merupakan salah satu dari 19 desa di wilayah Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Desa Pujo Rahayu memiliki potensi wisata alam yang bagus, yaitu bukit yang disebut “Taman Bukit Raya Pelayangan”. Objek wisata ini menawarkan panorama keindahan alam. Dahulu lokasi itu hanya menjadi tempat warga mencari kayu dan menanam jagung, kini menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan kabupaten setempat.

Desa Pujo Rahayu saat ini terdiri dari 7 dusun dan 19 RT, yang memiliki jarak 6 Km ke arah Kecamatan dan 20 Km ke arah Kabupaten. Desa Pujo Rahayu mempunyai luas wilayah seluas 407 hektar. Jumlah penduduk di desa Pujo Rahayu mencapai 1.685 jiwa dengan rincian, laki-laki sebanyak 796 jiwa dan perempuan 879 jiwa.

Desa yang memiliki luas lahan pertanian padi seluas 154 Ha, dengan luas lahan padi yang produktif membuat mata pencaharian utama masyarakat desa Pujo Rahayu dan Lahan perkebunan dengan memiliki luas lahan hanya 15 Ha dari luas wilayah 407 Ha.

Dengan sentuhan Badan Usaha Milik Desa Pujorahayu akhirnya lahan bukit yang memiliki hamparan sekitar tiga hektar ini disulap menjadi pilihan “cerdas” bagi siappaun yang ingin beristirahat menghilangkan penat, sekaligus “selfie” menjepretkan kamera.

Di Taman Bukit Raya Pelayangan ini kini terbangun pondokan untuk pengunjung bersantai menikmati panorama alam. Bahkan di sini terdapat spot instagramble seperti perahu dari bambu, area indah berbentuk LOVE berlatar pemandangan alam yang menghampar indah nan asri. Sawah, pegunungan area permukiman begitu jelas memberikan warna indahnya bukit ini .

Bermula dari ide Kepala Desa Pujorahayu, Apri Budi Hartono 2017 lalu dilanjutkan dengan Inisiasi Jama’ah antara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Pemerintahan Desat telah menjadikan Bukit Pelayangan ini menjadi alternative tempat kunjungan wisata bagi masyarakat di Kabupaten Pesawaran pada khususnya dan para wisatawan dari luar Pesawaran.

Bukit ini mempunyai view yang sangat indah. Selain bisa melihat hamparan sawah dan deretan gunung yang indah, Di atas bukit ini masyarakat yang menikmati wisata Telaga Gupit dari atas secara langsung dan jelas dari atas Bukit Pelayangan.

Selain itu pengunjung berdiri di atas Bukit Pelayangan dapat melihat langsung bangunan komplek kantor Pemerintah Kabupaten Pesawaran. Ke depan, rencananya akan dibangun menara di atas bukit itu. “Adanya menara, dapat melihat suasana Kabupaten; Pesawaran, Pringsewu, Bandar Lampung, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Barat dan Pesisir Barat.

Bagi yang tertarik ingin merasakan indahnya wisata ala ini, BUMDes Desa Pujo Rahayu telah menentukan tarif masuk Rp 5.000 per sepeda motor dan mobil Rp 10.000. Cukup Murah Bukan! Dengan akses jalan ke atas bukit sudah baik dan membuat andenalin naik bagi yang bawa kendaraan bermotor karena kelokannya yang cukup tajam.

Anda belum bisa dikatakan penyuka wisata, kalua belum dating di tempat ini.”Segera Datang ke tempat wisata alam ini, anda dijamin ketagihan selfie”.

%d blogger menyukai ini: