Roda ekonomi Desa Iloheluma terus bergerak. Sektor pertanian, kelautan, dan perdagangan membawa desa ini maju. Di sektor industri rumahan, Kelompok Anggrek Berjaya menjadi pelopor pengolahan stik ikan tuna sebagai jajanan lezat dan bergizi.

Desa Iloheluma terletak di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Kelompok Anggrek Berjaya berdiri pada 2014. Mereka terbentuk sebagai forum alumni sebuah pelatihan yang selenggarakan oleh para mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa itu.

Nama Inovasi Stick Ikan Tuna
Pengelola Kelompok Anggrek Berjaya
Alamat Desa Iloheluma, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.
Kontak Person Agustina Mahmud (Ketua Kelompok)
Telepon +62-812-4438-6213

Kehadiran Kelompok Anggrek Berjaya cepat mendapat tempat di hati masyarakat Desa Iloheluma karena sebagian besar perempuan di desa itu menganggur dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Target pasarnya stick ikan tuna adalah anak-anak sekolah. Para perempuan yang tergabung di Kelompok Anggrek Berjaya prihatin dengan banyaknya jajanan anak-anak yang tidak sehat. Dengan adanya stick ikan tuna, anak-anak bisa mendapatkan jajanan yang lezat sekaligus sehat dan bergizi.

Cara membuat stick ikan tuna terbilang sederhana. Desa Iloheluma merupakan desa dekat pesisir yang dihuni para nelayan penangkap ikan tuna. Ketersediaan ikan tuna sangat berlimbah. Mereka memisahkan daging ikan dan tulangnya, lalu dicampur dengan adonan tepung. Stick bisa dibentuk dalam aneka rupa, seperti love, sticke, segitiga, maupun dadu.

Kapasitas produksi stick ikan tuna di Kelompok Anggrek berjaya masih 10 Kg, maklum mereka masih memenuhi pasar di tingkat desa. Untuk memperluas akses pasar mereka masih terkendala dengan badan hukum kelompok, sertifikat halal, dan izin kesehatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pada 2018, Kelompok Anggrek Berjaya masuk dalam Program Inkubator Bisnis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kemeneterian Desa PDTT. Mereka mendapat dukungan pengembangan kapasitas dan pengembangan bisnis, terutama di bidang produksi, pengemasan, dan pemasaran.

Selain memproduks stick ikan tuna, mereka juga mulai mengembangkan produk lainnya seperti gula semut dari nira aren. Dengan beragamnya unit produk yang dikembangkan kelompok, para perempuan di Desa Iloheluma semakin mandiri dan kuat.