Pemdes Sukanegara menjadi desa yang mempelopori Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Ciamis. Sejak 2018, pemanfaatan SID mampu menampilkan beragam informasi desa secara real dan otentik, seperti batas wilayah, jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM), dan lain sebagainya.

Desa Sukanegara merupakan salah satu desa di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. SID merupakan bagian tidak terpisahkan dari implemantasi UU Desa. Dalam sistem yang berbasis internet tersebut, data yang disajikan tidak lagi asal ataupun kira-kira, akan tetapi sesuai fakta dan terverifikasi.

Nama Inovasi Sistem Informasi Desa
Pengelola Pemerintah Desa Sukanagara
Alamat Desa Sukanegara, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Kontak Asep Aos Maosul (Kepala Desa Sukanegara)
Telepon +62-821-2942-4393

Dalam pelaksanaan SID tersebut, Desa Sukanegara menganggarkan pos belanja dari Dana Desa sebesar Rp 40 juta. Awalnya banyak yang menyatakan anggarannya terlalu besar, namun hal itu sepadan dengan hasil yang diberikan. Kini pemerintah dan masyarakat dapat memanfaatkan data tersebut menjadi referensi dalam proses pembangunan di desa, khususnya dalam Musrenbangdes.

Dalam pengelolaan data, Pemerintah Desa Sukanegara selalu melibatkan masyarakat. Dampaknya, masyarakat mengetahui proses dan manfaat dari program ini. Peran pendamping desa sangat penting dalam proses penerapan SID, terutama dalam pendampingan kegiatan pemetaan partisipatif.

Undang-undang Desa memberikan kesempatan kepada desa untuk melakukan pemetaan wilayah yang berbasis partisipatif sehingga desa mampu menyajikan data secara faktual dan terverifikasi. Ambil contoh, desa jadi tahu batas desa sebenarnya, berapa areal pemukiman, berapa lahan yang dimiliki desa, berapa jumlah lahan pertanian. Bahkan, jumlah RTM hingga kondisi desa lainnya bisa diakses oleh masyarakat maupun pemerintah desa.

Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan apresiasi positif atas inovasi yang dilakukan Desa Sukanegara. Inovasi ini akan didorong untuk dilakukan desa-desa lainnya sebagai strategi menyelesaikan berbagai persoalan yang kerap terjadi, terutama polemik batas desa ataupun jumlah data kemiskinan.

Praktik baik yang dilakukan Desa Sukanegara sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam pengembangan smart city. Pemerintah kabupaten akan membangun koneksi internet yang terintegrasi sehingga data-data desa akan terintegrasi di kabupaten.

%d blogger menyukai ini: