Shattara FM menjadi sarana informasi dan promosi potensi Desa Citamiang. Sejak mengudara pada medio Agustus 2017 pada frekwensi 93 MHz, Shattara FM memudahkan Pemerintah Desa Citamiang untuk menyebarluaskan informasi pembangunan. Selain itu, radio banyak dimanfaatkan warga untuk menyampaikan aspirasi dan kegiatan ekonomi produktif.

Desa Citamiang terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Desa Citamiang terbagi dalam tiga kedusunan, yaitu Dusun Citamiang, Dusun Selawi, dan Dusun Cimenteng. Ada 30 Rukun Tetangga dan 5 Rukun Warga. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan pekebun.

Nama Inovasi Radio Siaran Shattara FM
Pengelola Pemerintah Desa Citamiang
Alamat Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Kontak Ajang Syihabudin (Kepala Desa Citamiang)
Telepon +62-816-4695-0099

Pendirian Shattara FM diawali dari usulan masyarakat, lalu Pemerintah Desa Citamiang mengalokasikan pos anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2017 yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp 30.541.000,-

Anggaran di atas dibelanjakan untuk membeli peralatan radio siaran, mulai dari komputer, pemancar, mixer, antena, dan piranti pendukung lainnya. Untuk peningkatan kapasitas pengelola radio, masyarakat berpartisipasi secara swadaya untuk pelatihan penyiar maupun penggunaan peralatan pendukung.

Kepala Desa Citamiang, Ajang Syihabudin, berpandangan sarana komunikasi seperti Shattara FM akan memudahkan pemerintah desa dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi kebijakan dan program pembangunan kepada masyarakat desa. Radio juga dapat menjadi media pembelajaran masyarakat yang efektif untuk mewujudkan Desa citamiang yang maju, mandiri, dan religius.

Selain urusan komunikasi pemerintah desa dan masyarakat, Shattara FM menjadi sarana promosi potensi dan produk unggulan desa. Sejumlah investor siap bekerjasama dengan desa untuk mengembangkan sejumlah potensi destinasi wisata di Kecamatan Kadudampit. Tak berlebihan bila ada pendapat radio merupakan sarana pendukung penguatan ekonomi desa dan ekonomi kawasan perdesaan.

Shattara FM memiliki sejumlah program siaran yang digemari pendengar, seperti informasi seputar desa yang berisikan program desa, realisasi pembangunan desa, himbauan dan sosialisasi, serta promosi produk unggalan desa Citamian dg. Semua program informasi dikemas dalam bentuk siaran santai yang diselingi dengan hiburan.

Para penyiar Shattara FM cukup beragam, mulai dari pemerintah desa, masyarakat, hingga para siswa. Para siswa mengelola siaran kreasi siswa, dimana mereka menampilkan sejumlah kreasi siswa sekaligus mempromosikan sekolahnya masing-masing.

Program siaran lain yang menarik adalah dialog interaktif dengan masyarakat (talkshow). Masyarakat dapat berpartisipasi dan berinteraksi dalam talkshow dengan menelepon ke 0266-6223894 maupun SMS ke 0857-2275-1878. Talkshow sering menghadirkan orang terkenal atau pejabat pemerintahan untuk menjadi narasumber.

Kunci sukses Shattara FM ada pada kreativitas dan inovasi yang dipelopori oleh perangkat desa yang masih muda. Radio ini juga memfasilitasi para generasi muda di desa untuk belajar dan melek informasi. Setumpuk harapan akan kemajuan desa mulai terlihat nyata melalui pengembangan media komunikasi yang efektif dan populer.

Yusup CBS, Pegiat Sabadesa Institute Sukabumi