Kematian ibu hamil dan bayi menjadi salah satu indikator kemajuan dari suatu daerah. Untuk itu setiap daerah berlomba-lomba menekan angka tingkat kematian ibu dan bayi, tak terkecuali Kabupaten Magetan. Salah satu program unggulan Kabupaten Magetan adalah Mayangsari: Magetan Sayang Remaja Ibu dan Bayi, yang diluncurkan untuk menekan kematian ibu dan bayi.

Salah satu kegiatan Mayangsari adalah sekolah Ibu hamil. Kegiatan ini berisi penyuluhan dan pelatihan bagi ibu hamil sampai pasca persalinan. Awalnya, program ini terkendala akibat minimnya anggaran pendukung, namun berkat kolaborasi multipihak program ini dapat dilaksanakan mandiri oleh desa, terutama desa-desa di Kecamatan Lembeyan.

Nama Inovasi Sekolah Ibu Hamil Lembeyan
Nama Lembaga Puskemas Lembeyan
Alamat Jalan Raya Lembeyan-Parang, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Penanggung jawab Drg. Leni Kurniawati (Kepala Puskemas)
Kontak 081335133031

Ibu Hamil sekolah? Puskemas berkerja sama dengan desa yang ada di Kecamatan Lembeyan untuk mengadakan sekolah bagi ibu hamil. Setiap desa menganggarkan dana untuk pelaksanaan kegiatan sekolah bagi ibu hamil ini. Sekolah Ibu Hamil merupakan upaya untuk mengurangi risiko kematian ibu dan bayi dalam masa kehamilan sampai pasca persalinan.

Sekolah Ibu Hamil ini dilakukan secara berkala oleh pihak Puskemas dengan pembiayaan oleh APBDesa sehingga peserta tidak dipungut biaya sepeserpun oleh penyelenggara. Di tempat-tempat lain, sekolah ibu hamil seperti ini dibutuhkan biaya ratusan ribu untuk beberapa kali pertemuan.

Inovasi yang dipraktikan di desa-desa Kecematan Lembeyan patut ditiru oleh desa lainnya. Undang-Undang Desa memberikan kewenangan bagi desa untuk melakukan terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pelayanan publik maupun peningkatan kualitas hidup masyarakat.