Produksi tanaman kopi merupakan salah satu produksi unggulan masyarakat di Desa Kuta Meriah, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat. Sebagian besar warga mengembangkan perkebunan kopi karena tanaman ini sangat cocok dengan iklim dan cuaca di wilayah ini.

Pemerintah Desa Kuta Meriah berkomitmen tinggi untuk menjadikan kopi sebagai produk unggulan desa. Untuk mewujudkan mimpi itu, Pemerintah Desa mengembangkan pusat pembibitan dan pembenihan kopi. Jenis kopi yang dipilih adalah varietas Robusta Lampung atau seringkali disebut Robusta Salak.

Nama Inovasi Pusat Pembibitan Kopi Robusta Salak Desa Kuta Meriah
Pengelola Pemerintah Desa Kuta Meriah
Alamat Dusun I, Desa Kuta Meriah, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatra Utara
Penanggung jawab Indra Berutu (Kepala Desa)
Kontak 0822 7351 6590

Pusat pembibitan kopi dikelola oleh kelompok masyarakat sebagai sarana belajar lapang. Mereka membuat lahan persemaian, memilah biji yang baik untuk bibit, memilah bibit yang mulai tumbuh, dan perlindungan bibit dari serangan hama. Masyarakat Desa Kuta Meriah berharap komoditi kopi mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan mereka.

Pemerintah Desa Kuta Meriah sedang mempersiapkan unit usaha kampung yang bergerak dalam pengolahan kopi. Bermodal kopi kualitas tinggi, kopi Kuta Meriah akan menjadi komoditas primadona daerah Kabupaten Pakpak Bharat.