Bumi Boalemo diciptakan Tuhan saat tersenyum. Tak heran, setiap jengkal bumi Boalemo memiliki alam yang indah sehingga dapat menjadi destinasi wisata, salah satunya Pulau Ratu. Pemerintah Desa Tenilo mengembangkan objek wisata ini dengan dukungan Dana Desa (DD). Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai dan alam liar di sekitarnya melalui rangkaian koridor kayu yang terpasang meliuk-liuk di atas permukaan air laut.

Pulau Ratu terletak di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Sebenarnya Pulau Ratu bukan pulau, melainkan pantai yang didesain sedemikian rupa dengan koridor kayu dan gazebo sehingga menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Nama Inovasi Wisata Pulau Ratu
Pengelola Pemerintah Desa Tenilo
Alamat Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
Kontak Arafik Biya (Kepala Desa Tenilo)
Alamat +62-852-4231-8662

Ke depan, Pulau Ratu dipercaya dapat menjadi pesaing Pulau Cinta yang saat ini sudah merambah dunia Internasional.Selain memancarkan keindahan laut terbuka luas, Pulau Ratu memiliki garis pantai yang panjang dilengkapi pasir putih yang lembut.

Konon, pada zaman dahulu, pantai sempat disinggahi seorang ratu dari sebuah kerajaan. Karena terpikat keindahan alam, ratu itu kerap menghabiskan waktunya di pantai dengan pasir putih yang luas dan menakjubkan itu.

Untuk mengembangkan Pulau Ratu, Pemerintah Desa Tenilo membangun sarana dan prasanaa penunjang untuk memikat para wisatawan yang berkunjung. Berkat Dana Desa (DD), Desa Tenilo juga sukses membangun sejumlah cottage di bibir pantai. Antar bangunan cottage dihubungkan dengan jembatan kayu dan dermaga.

Popularitas Pulau Ratu cepat meroket berkat banyak kaum muda yang mengunggah foto dan video tempat ini di media sosial. Unggahan-unggahan itu mempengaruhi warga lainnya untuk datang ke Pulau Ratu. Hal serupa berulang, mereka hadir menikmati wisata sambil memotret dan mengunggah pengalamannya di media sosial.

Meski masih seumur jagung, banyak wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah berdatangan menikmati keindahan alam Pulau Ratu. Keberadaan wisata Pulau Ratu yang tak pernah sepi mampu mendongkrak ekonomi desa. Warga desa mendapat berkah dari kegiatan menyediakan makan, minum, dan jasa parkir kendaraan. Dampak lainnya, objek wisata Pulau Ratu juga meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) Tenilo.

Inovasi dan kreativitas Desa Tenilo mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Ratu menambah destinasi wisata di Boalemo. Bupati Boalemo berjanji menggelontorkan anggaran pembangunan jalan sepanjang 3 Km menuju Pantai Ratu.

Pemerintah Kabupaten Boalemo juga mengirim utusan dari Desa Tenilo dalam Workshop Pengembangan Kapasitas Pengembangan Produk Unggulan Daerah Tertinggal Berbasis Inovasi Teknologi yang diselenggarakan Subdit Inovasi dan Penerapan Teknologi, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT.

%d blogger menyukai ini: