Olahan makanan berbahan buah pisang sering ditemui di pasaran. Namun olahan makanan dari jantung pisang masih jarang terdengar. Biasanya, jantung pisang hanya dimasak untuk sayur saja. Namun tidak di Desa Lantukan, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan. Jantung pisang dimanfaatkan menjadi beragam olahan makanan yang bernilai jual tinggi. Tak tanggung-tanggung, desa ini membuat 10 macam olahan makanan ringan dari jantung pisang.

Pisang adalah tumbuhan yang dapat tumbuh subur di daerah tropis termasuk negara kita Indonesia, Pisang termasuk komoditas yang memiliki nilai jual yang lumayan bagus, dan sudah diperjual belikan di pasar-pasar modern, bahkan sudah memenbus pasar ekspor.

Nama Inovasi Aneka Olahan Jantung Pisang
Pengelola BUM Desa Sumber Rejeki
Alamat Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Penanggung Jawab Agus Syafi’i (Direktur BUM Desa)
Kontak +62-813-3184-8389

Pisang tumbuh subur di area yang banyak air, seperti, di pematang sawa, dan bantaran sepanjang aliran sungai. Selama ini pohon pisang yang diambil cuma buah pisang dan dan daun pisangnya saja, teytapi banyak orang yang tidak tau bahwa jantung pisang juga dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi kudapan dan makanan ringan.

Di Desa Latukan ada seorang ibu rumah tanggah yang kreatif, yang, dengan sentuhan tangan kreatifnya dapat merubah jantung pisang menjadi produk olahan makanan ringan seperti, keripik, kerupuk, kemplang, stick, cilor yang berbahan baku dari jantung pisang, Hingga saat ini sudah ada 10 jenis makanan olahan yang sudah diproduksi.

Pemesaran produk ini baru sebatas  di desa-desa sekitar,  dan berencana untuk memperluas  area pemasarannya ke kotasekitar. untuk memperluas daerah pemesaran tersebut pihak pengusaha ihome industri bekerja sama dengan BUM Desqa”SUMBER REJEKI” lATUKAN untuk memasarkan hasil produksinya dengan mekanisme diwadai menjadi unit usaha BUM Desa.