Produksi tanaman kopi merupakan salah satu produk unggulan masyarakat di Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya. Sebagian besar warga mengembangkan perkebunan kopi karena tanaman ini sangat cocok dengan iklim dan cuaca di wilayah ini. Letak geografis Kabupaten Intan Jaya yang berada di dataran tinggi menyebabkan suhu udara yang rendah. Suhu udara maksimum adalah 25.02 derajat celcius dan suhu minimum adalah 12.15 derajat celcius.

Pemerintah Kampung Wandai berkomitmen tinggi untuk menjadikan kopi sebagai produk unggulan masyarakat kampung. Wilayah kampung yang berada di lereng-lereng bukit sangat cocok untuk budi daya kopi. Pengetahuan dan keterampilan warga kampung untuk budidaya kopi sudah cukup sehingga risiko kegagalan sangat kecil.

Nama Inovasi Desa Sentra Kopi Wandai
Pengelola Pemerintah Kampung Wandai
Alamat Kampung Wandai.Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua
Penanggung jawab Pilemon Sondegau
Kontak +62-821-9893-5243

Masyarakat Kampung Wandai berharap banyak komoditi kopi mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan mereka lewat komoditas kopi. Mereka berharap kopi dapat menjadi produk unggulan kawasan perdesaan di distrik Wandai. Namun, impian itu masih terbentur dengan belum ada dukungan yang mencukupi untuk mengolah kopi dalam bentuk kemasan siap saji yang bernilai tinggi.

Warga Kampung Wandai masih menjual kopi kering secara karungan pada para pengepul yang datang ke kampung. Model penjualan seperti ini menyebabkan nilai tambah dan harga atas kopi masih sangat rendah.

Pemerintah Desa Wandai berencana untuk mendorong unit usaha kampung yang bergerak dalam pengolahan kopi. Bermodal kopi kualitas tinggi, kopi Kampung Wandai akan menjadi komoditas primadona daerah Kabupaten Intan Jaya.