Pengembangan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan. Posyandu dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Inovasi desa mendorong layanan Posyandu semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan dasar, termasuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Nama Inovasi Posyandu Minanga, Tingkatkan Layanan Kesehatan Dasar Masyarakat Desa
Pengelola PKK Desa Minanga bekerjasama Puskesmas Kecamatan Tagulandang Utara
Alamat Desa Minanga, Kecamatan Tagulandang Utara, Kabupaten Kepualuan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara
Kontak Person Yetty M (Ketua PKK)
Telepon +62-852-5677-4893

Posyandu Kampung Minanga, Kecamatan Tagulandang Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro dikelola lima kader yang bekerja untuk memberi penyuluhan kesehatan, memberikan makanan tambahan, menimbang bayi, balita, dan lansia, memberikan vitamin, memberikan pengobatan gratis, dan memeriksa ibu hamil dan menyusui.

Kegiatan Posyandu Minanga mendukung percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Anak Balita (AKABA) di Indonesia. Posyandu meningkatkan peran masyarakat dalam pelayanan kesehatan dasar, terutama upaya untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Posyandu-Minanga-Tingkatkan-Layanan-Kesehatan-Dasar-Masyarakat-Desa Posyandu-Minanga-Tingkatkan-Layanan-Kesehatan-Dasar-Masyarakat-Desa

Posyandu Kampung Minanga maju pesat di bawah kepemimpinan Yetty M yang merupakan Istri dari Kapitalaung (sebutan kepala desa di Kabupaten Kepulauan Sitaro). Selain mengelola kegiatan PKK, Yetty juga seorang bidan yang bekerja di Puskesmas setempat.

Berbekal pengetahuan atas dunia kesehatan yang cukup, dia mendorong Posyandu untuk memerankan upaya promotif dan preventif melalui peningkatan status gizi masyarakat dan upaya kesehatan ibu anak.

Untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), Posyandu Minanga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro yang telah membangun Rumah Singgah untuk pelayanan ibu melahirkan tanpa dipungut biaya (gratis).

Rumah Singgah menjadi bagian dari upaya strategis Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam bidang kesehatan ibu dan anak.