Sumbersuko adalah sebuah desa di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Sungai-sungai dengan aliran air yang deras merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki Sumbersuko. Lalu, muncullah ide dari para pemuda untuk memanfaatkannya menjadi menjadi sumber tenaga turbin PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro).

Inovasi itu diwujudkan oleh Anwar, pemuda asal Sumbersuko yang menggandeng temannya Arie (Sarjana Teknik). Pendanaan pada kegiatan ini dilakukan dengan swadaya murni dari masyarakat. Pembuatan sarana penunjang dan turbin berkapasitas kecil dilakukan secara gotong-royong oleh Karang Taruna.

Nama Inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
Pengelola KarangTaruna dan Pemerintah Desa
Alamat Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Tahapan pembangunan PLTMH dimulai dengan menampung air sungai dalam bendungan di dataran lebih tinggi. Setelah itu mereka merakit bangunan pengambil air (intake), saluran pembawa bak penampung, rumah pembangkit beserta turbin, dan alat penggeraknya.

Air dialirkan ke dataran lebih rendah dan ditampung di bak penampungan. dari situ, air mengalir deras ke ke rumah pembangkit listrik.

Dengan ketinggian air sekitar dua meter, daya listrik yang dihasilkan dari PLTMH adalah 200 watt. Jaringan kabel yang dibangun pertama diarahkan ke kawasan Sumbersuko Forest Park. Akhirnya, listrik dapat dinikmati di kawasan Sumbersuko Forrest park dan warung sekitar.

Kini, berkat PMLTH itu warung-warung sekitar kawasan wisata mendapatkan penerangan secara gratis. Selain itu, listrik dimanfaatkan untuk lampu penerangan di jalan-jalan di kawasan wisata. Suasana objek wisata tampak terang sehingga pedagang dan pengunjung yang datang semakin nyaman.

Ke depan, pembangunan rumah turbin harus semakin layak. Mereka juga butuh perlibatan tenaga profesional dibutuhkan untuk membantu dalam perbaikan kerusakan yang terjadi. Selain itu, perlu adanya sinergi antara masyarakat dan pemerintah desa dalam hal pengelolaan dan perawatan PLTMH.

Sumber: http://inovasidesamalangkab.com