perbaiki-layanan-pendidikan-paud-mutiara-bangun-gedung-baru

Pada saat melihat bangunan tua ini rasanya tak percaya, bangunan ini adalah tempat yang digunakan untuk penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Tetengesan, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara. Gubug tua itu menjadi saksi bisu, bagaimana anak-anak desa berlatih sosialisasi dan mengembangkan kreativitasnya.

Keberadaan PAUD sangat penting untuk menggali dan menumbuhkembangkan potensi dan kreativitas anak. PAUD yang baik akan melahirkan generasi desa yang jempolan. Di Desa Tetengesan, keberadaan PAUD belumlah lama sehingga kondisi infrastrukturnya masih compang-camping.

Nama Inovasi Pembangunan Gedung PAUD Mutiara
Pengelola Pemerintah Desa Tetengesan
Alamat Desa Tetengesan, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara
Kontak Person Olwien Walalangi (Kepala Desa) 085240479110 dan Rahma Kakulu (Kepala Sekolah) 082343829920

Untuk memperbaiki infrastruktur PAUD, Pemerintah Desa Tetengesan mengalokasikan anggaran desa dari Dana Desa (DD) pada APBDes 2017. Pembangunan infrastruktur PAUD akan mendukung anak-anak mendapatkan tempat yang layak untuk belajar. Pengalokasian dana ini sesuai dengan Permendesa, PDTT Nomor 22 tahun 2016 untuk pembangunan bidang pelayanan sosial dasar.

Alokasi penggunaan dana untuk pembangunan gedung PAUD diputuskan dalam Musyawarah Desa. Pembangunan Gedung PAUD sudah dimulai pada Agustus 2017 di tanah milik desa yang lokasinya tidak jauh dari gedung semula, yaitu di Jaga (Dusun) 4, Desa Tetengesan.

Pengelola PAUD Mutiara senang pemerintah desa memprioritaskan sektor pendidikan dalam perencanaan pembangunan. Bila gedung sudah terbangun, proses belajar anak-anak semakin nyaman. Untukp pengadaan wahana permainan, pemerintah desa akan mengalokasikan anggaran di tahun berikutnya.