Pelatihan Eceng Gondok

Desa Kemlagi merupakan salah-satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, luas wilayah 106 ha dengan jumlah penduduk 2.707 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki 1.392 jiwa dan perempuan 1.315 jiwa. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai wiraswasta, karyawan swasta dan pelajar.

Nama Inovasi Masyarakat Sehat Menuju Desa Hebat
Pengelola Tim Penggerak PKK Desa Kemlagi
Alamat Desa Kemlagi, Kecamatan Kemlagi,Kabupaten Mojokerto,Jawa Timur
Kontak Person Abd.Wahab (Kepala Desa) -081332326676

M. Ainur Rofiq (Kasi Pemr)-085730042119

Nyta Apriantini (Ket. PKK)-085730785938

Website www.kemlagi.desa.id

Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) warga desa, maka Pemerintah Desa Kemlagi dan Tim Penggarak PKK Desa Kemlagi telah melakukan terobosan melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) baik itu Posyandu Balita maupun Posyandu Lansia, serta Pelayanan Poskesdes.

Gerakan Mari Menabung

Peningkatan SDM melalui Posyandu Balita diantaranya dengan program Gemaribung (Gerakan Mari Menabung). Dalam kegiatan ini anak balita yang hadir di posyandu disediakan “celengan” oleh Kader Posyandu untuk memasukkan uang koin ke dalamnya yang setiap “celengan” ditulisi nama sesuai nama balita. Dari program atau kegiatan ini diharapkan balita nantinya punya pemahaman bahwa menabung sangat bermanfaat bagi masa depan mereka.

Gerakan Membacakan Buku Anak

Disamping Gemaribung ada lagi program yakni Gerakan Ayah Ibu Membacakan Buku. Gerakan ini bertujuan membiasakan orang tua membacakan buku bersama dengan anak, memperkuat hubungan sosial emosi antara anak dan orang tua, dan menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Mendongeng Untuk Anak

Mendongeng merupakan tradisi bangsa yang sudah mulai hilang, dan mendongeng merupakan kegiatan yang diangkat kembali oleh ibu-ibu kader posyandu balita dilaksanakan dimasing-masing posyandu balita yang ada di Desa Kemlagi. Dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua atau kader merupakan hiburan yang tepat untuk anak. Selain menghibur, mambacakan dongeng anak juga memiliki manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak dimasa mendatang.

Pelatihan Eceng Gondok

Sementara untuk kegiatan Posyandu Lansia, ada beberapa kegiatan yang bertujuan peningkatan SDM para lansia dalam mengisi kegiatan sehari-hari diantara pelatihan pemanfaatan eceng gondok menjadi barang yang lebih bermanfaat. Juga inisiatif para kader Posyandu Lansia untuk mengajak para lansia melakukan senam diareal terbuka.

Gathering Senam Lansia

Meski di Desa Kemlagi terdapat beberapa layanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta, Pemerintah Desa Kemlagi tetap menyediakan layanan kesehatan bagi warganya melalui Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yg berada di lingkungan Balai Desa Kemlagi yang dikelola oleh seorang bidan.