Pamotan adalah sebuah desa di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Desa ini memiliki jumlah dusun terbanyak dibanding desa lainnya, yaitu tujuh dusun. Luasnya mencaapai 16.45 km2 dengan sumber pendapatan utama berasal dari pertanian.

Kebanyakan penduduk desa bekerja sebagai buruh tani. Padatnya kesibukan masyarakat Pamotan di siang hari menjadi kendala dalam pengurusan administrasi, akibatnya urusan administrasi Desa kerap terbengkalai.

Nama Inovasi Pelayanan Publik di Malam Hari
Pengelola Pemerintah Desa Pamotan
Lokasi Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Gatot (Sekretaris Desa)
Telepon +62-851-0077-2787

Akhirnya Pemerintah Desa Pamotan memiliki ide untuk melakukan pelayanan masyarakat pada malam hari. Gagasan itu mulai dilaksanakan sejak awal 2017. Kegiatan administrasi pada malam hari dirasa lebih efektif dan mendapat apresiasi dari masyarakat.

Pelayanan di malam hari dilakukan seminggu sekali, yaitu saat Jumat malam. Warga menyambut baik langkah terobosan yang diambil pemerintah Desa Pamotan untuk melayani warga secara maksimal.

Akibat jam pelayanan di malam hari, kantor desa terlihat lebih semarak. Warga juga sering memanfaatkan kesempatan ini juga sebagai wadah pertemuan maupun musyawarah yang menyangkut kepentingan di Desa. (DY)