Dalam mengoptimalkan pelayanan publik, Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang mengembangkan inovasi teknologi berupa Pelayanan Berbasis Sistem Informasi Desa Online. Sistem pelayanan ini membantu desa untuk menyelenggarakan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan akurat. Selain itu, sistem juga mendukung kegiatan pengolahan data dan dokumen administrasi desa.

Berkat inovasi di atas, masyarakat Desa Genengan dapat mengakses informasi secara langsung melalui situs desa, termasuk mendapatkan pelayanan secara online. Website Desa Genengan yang beralamat di http://genengan.id juga berfungsi sebagai medua publikasi dan antarmuka pengguna untuk mengakses layanan publik di desa.

Nama Inovasi Pelayanan Berbasis Sistem Informasi Desa Online
Pengelola Tenaga Pengelola Informasi Desa Kecamatan Pakisaji
Alamat Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Person Zainal Arifin (Kepala Desa Genengan)
Telepon +62-877-5982-7988

Selain untuk pelayanan publik, Pelayanan Berbasis Sistem Informasi Desa Online juga dapat mendukung kegiatan pemetaan aset, potensi, dan sumber daya desa sebagai informasi dasar dalam perencanaan pembangunan desa.

Kini, produk inovasi Desa Genengan tersebut secara aktif dan rutin digunakan oleh aparat desa dalam melayani masyarakat, seperti pengurusan kartu keluarga (KK), Akte dan penyediaan informasi kinerja pemerintah desa.

Berkat keberhasilan inovasi yang digagas Desa Genengan, Pemerintah Kecamatan Pakisaji berencana mereplikasi inovasi itu ke desa-desa lainnya. Ke depan, sistem informasi desa berbasis online ini akan dikembangkan di semua desa di wilayah Kecamatan Pakisaji dan akan terintegrasi dalam satu sistem dalam situs kecamatan

Sumber: http://inovasidesamalangkab.com