Setiap akhir pekan, pemandangan berbeda terlihat di Jalan Cigadog, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Jalan sepanjang 500 meter jalan ini dipenuhi para pedagang yang menjual berbagai barang dan makanan. Panggung hiburan yang disediakan Pemerintah Desa Tenjolaya semakin menambah meriah pasar rakyat itu.

Pasar Rakyat Cigadog merupakan terobosan Pemerintah Desa Tenjolaya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Sebelumnya Pemerintah Desa Tenjolaya berinovasi dengan menata Jalan Cigadog sebagai lokawisata desa, bernama Batu Ceria Cigadog. Kanan-kiri Jalan Cigadog diberi area batu untuk keperluan refleksi kesehatan kaki yang dicat warna-warni mencolok. Sejumlah selfy deck berbingkai homepage media sosial juga disiapkan untuk para pengunjung yang gemar berswafoto.

Nama Inovasi Pasar Rakyat Cigadog
Pengelola Pemerintah Desa Tenjolaya
Alamat Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Kontak Aryo Bangun Adinoto (Kepala Desa Tenjolaya)
Telepon +62-822-1357-0568

Pasar Rakyat Cigadog sudah digelar sejak 2016. Selain gerai untuk berjualan makanan, pakaian, dan aneka kebutuhan sehari-hari, di Pasar Rakyat Cigadog juga terdapat sejumlah wahana hiburan. Ada wayang golek bodoran. ada juga aneka permainan anak. Antusiasme warga mendatangi pasar rakyat sangat terlihat sejak sore hari. Mereka berduyun-duyun mendatangi lokasi pasar, baik untuk berbelanja maupun sekadar cuci mata.

Pasar Rakyat, Desa Tenjolaya Sulap Jalan Desa Jadi Pasar Produk Unggulan Desa

Pasar rakyat Tenjolaya merupakan hasil kerja sama dan sinergitas semua elemen masyarakat. Para pemuda menghias dinding-dinging tepi jalan dengan seni mural dan ornamen. Ada mural yang mengekspresikan keceriaan dan pop culture, ada juga yang melukis sejumlah pahlawan nasional, seperti Soekarno, Ki Hajar Dewantara, dan lainnya. Para warga yang membuat olahan pangan dan pakaian memajang produknya melalui gerai-gerai pamer sepanjang jalan.

Pasar rakyat memanjakan warga yang akan berbelanja sambil bermalam mingguan. Pasar rakyat juga menjadi ajang silaturahmi karena mempertemukan semua elemen warga. Inilah inovasi desa yang mempu mewujudkan kesejahteraan ekonomi, sekaligus mempererat semangat kekeluargaan masyarakat desa.

Untuk kenyamanan lalu lintas, Pemerintah Desa Tenjolaya menutup jalan bagi kendaraan roda empat, mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Hanya kendaraan roda dua masih diperbolehkan melintas, lalu-lintas kendaraan roda empat dialihkan ke jalan lain.