Awal 2020, Pasar Budaya di Desa Balida yang diberi nama Racah Mampulang telah diresmikan Bupati Balangan. Keberadaan pasar Racah Mampulang disambut antusias oleh masyarakat desa. Pasar ini merupakan inovasi Desa Balida dalam pemberdayaan ekonomi berbasis kearifan masyarakat.

Desa Balida terletak di Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Sebagai pasar budaya, Pasar Racah Mampulang menjual kerajinan lokal, menampilkan kesenian serta menjual kuliner tradisional dan buah-buahan lokal.

Pasar budaya merupakan bentuk ikhtiar dari Desa Balida dalam merawat dan mengembangkan budaya serta tradisi. Pasar Racah Mampulang akan rutin buka satu kali dalam dua pekan.

Pasar ini menjadi wadah bagi puluhan kelompok kesenian supaya aktif untuk mengisi acara. Selain itu, ada 52 pedagang terlibat di dalamnya yang berisi kerajinan tangan, kuliner, dan hasil alam.

Pembangunan pasar mulai dilakukan sejak akhir 2019. Proyek ini merupakan bentuk kerja sama dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berani Desa Balida dengan CSR Departement PT Adaro Indonesia. Total dana yang dikucurkan PT Adaro untuk pembangunan dan pengembangan pasar mencapai Rp225 juta.

Selain pembangunan fisik, PT Adaro Indonesia akan mendampingi BUMDes dalam pelatihan wirausaha. Keberhasilan program CSR di Desa Balida akan menjadi pilot project untuk dilakukan di desa lainnya,

%d blogger menyukai ini: