Program Pelayanan Administrasi Terpadu Tingkat Desa (PANTES) merupakan inovasi Desa Kemutug Lor untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan akuntabel. Hasilnya, Pemerintah Desa Kemutug Lor mampu menyelenggarakan pelayanan publik cukup dengan lima menit.

Desa Kemutug Lor terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Desa ini menjadi kawasan penyangga lokawisata Baturraden yang menjadi primadona pariwisata Kabupaten Banyumas sejak era kolonial. Selain bertani, warga Kemutug Lor memperoduksi beragam kerajinan, kaos, dan kuliner yang menjadi ikon khas Baturraden.

Nama Inovasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu Tingkat Desa (PANTES)
Pengelola Pemerintah Desa Kemutug Lor
Alamat Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Kontak Sarwono (Kepala Desa Kemutug Lor)
Telepon +62-856-4078-4194

PANTES merupakan layanan Pemerintah Desa Kemutug Lor yang sudah berjalan sejak 2015. Untuk mewujudkan PANTES, Desa Kemutug Lor membangun ruang pelayanan masyarakat yang representatif. Masyarakat yang merasa bangga dengan kenyamanan dan fasilitas ruang pelayanan.

Desa Kemutug juga membangun sistem basis data kependudukan sehingga semua pelayanan masyarakat didasarkan data yang akurat. Dukungan teknologi informasi pekerjaan dan waktu pelayanan sangat cepat dan efektif.

Desa juga menerbitkan “buku pintar” yang berisikan tata cara dan persyaratan pelayanan masyarakat. Buku pintar bagikan pada seluruh lembaga desa, seperti RT, RW, BPD, dan tokoh masyarakat supaya mereka aktif menginformasikan prosedur layanan kepada masyarakat.

Selain PANTES, Kemutug Lor memiliki layanan keuangan inklusif bagi masyarakatnya melalui Badan Kredit Desa (BKD). BKD Kemutug Lor menjadi pelopor terbentuknya kerjasama antar desa melalui BUMDes Bersama Banyumas yang memiliki unit bisnis Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Langkah inovatif Pemerintah Desa Kemutug Lor membuat banyak desa berkunjung dan melakukan studi tiru ke desa ini. Mereka yang datang merasa takjub dan siap menduplikasi layanan serupa di desanya masing-masing.

%d blogger menyukai ini: