Kini, masyarakat Desa Sedahkidul dapat merasakan adanya ruang publik di desanya, yaitu Nggon Bluron Taman Sendang Potro. Nggon Bluron ini dibangun oleh pemerintah desa dengan menggunakan Dana Desa. Untuk pengelolaannya, sepenuhnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Potro Indo Dharma Desa Sedahkidul.

Desa Sedah Kidul terletak di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Nggon Bluron ini merupakan ruang publik pertama sekaligus taman rekreasi yang ada di Desa Sedahkidul.

Nggon Bluron Taman Sendang Potro memiliki fasilitas kolam renang dan pusat kuliner. Warga bisa berwisata dan berburu kuliner. Sebagai ruang publik, Nggon Bluron menfasilitasi interaksi sosial dan ekonomi warga secara bersamaan.

Sejak dibuka pertama kali pada 17 Agustus 2019, pengunjung yang datang ke Nggon Bluron ini berasal dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro seperti Gayam, Padangan, Tambakrejo, Ngambon, Ngasem, Sumberrejo, Baureno, Temayang, Kalitidu, Ngraho, Margomulyo, Malo bahkan dari luar daerah seperti Surabaya dan Blora.

Nggon Bluron Taman Sendang Potro Desa Sedahkidul ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 17.00 WIB. Untuk hari Senin – Sabtu, tiket masuk sebesar Rp 5.000,- dan untuk Hari Minggu & Libur Nasional, tiket masuk sebesar Rp 7.000,-. Sedangkan untuk parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000,- & roda empat sebesar Rp. 5.000,-.

Nggon Bluron Taman Sendang Potro ini merupakan ruang publik inovasi desa pertama di Kecamatan Purwosari. Inovasi desa ini dapat ditiru oleh desa-desa lainnya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

%d blogger menyukai ini: