Usai menggelar Bursa Inovasi pada penghujung 2017, para pendamping desa mulai memfasilitasi desa untuk mereplikasi gagasan dan praktik inovasi yang mereka minati. Salah satu praktik inovasi yang paling diminati desa-desa di Kecamatan Sidareja, Cilacap, adalah pasar rakyat untuk menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Praktik inovasi pasar rakyat telah diterapkan di sejumlah desa. Pasar Rakyat Desa Tenjolaya Sukabumi dan Pasar Batur Warna Desa Karangpucung Cilacap menjadi inspirasi bagi Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja untuk mengambil langkah serupa. Bermodal ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Maju Makmur, Desa Karanggedang siap mengawali replikasi pasar desa.

Nama Inovasi Pasar Belik
Pengelola BUM Desa Maju Makmur Desa Karanggedang
Alamat Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Fajar Ari Wibowo (Direktur BUM Desa Maju Makmur Karanggedang)
Kontak +62-877-3699-3314

Proses replikasi diawali dengan kegiatan penggalian potensi desa. Pendamping desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sidareja melakukan proses asistensi pada kegiatan tersebut. Pertemuan demi pertemuan semakin menguatkan tekad pengelola BUM Desa untuk membangun pasar desa.

Setelah menggali potensi desa dan menganalisis sejumlah faktor pendukung lainnya, seperti jumlah penduduk, analisis kebutuhan harian, sumberdaya alam, dan budaya masyarakat, akhirnya BUM Desa Maju Makmur siap meluncurkan “Pasar Belik Desa Karanggedang”. Pasar Belik akan buka tiap Minggu Pagi (Sunday Morning) di area terbuka, yaitu Jalan Desa di RT 01 RW 04.

Setiap minggu pagi, Pasar Belik akan diselenggarakan sebagai pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Selain gerai pamer produk yang dipasarkan, pengelola Pasar Belik telah menyiapkan kegiatan olahraga berupa senam masal dan jalan sehat. Sesekali, pengelola akan menyiapkan doorprize yang akan menambah semaraknya acara.

Desa Karanggedang berharap Pasar Belik dapat menjadi ajang silaturahmi warga setiap akhir pekan. Masyarakat bisa hadir bersama keluarga untuk berolahraga sambil menikmati jajanan khas desa dan berbelanja kebutuhan tanpa harus keluar desa. Usai jalan-jalan dan berolahraga, mereka bisa minum jamu godog dan paitan.

Harga komoditas-komoditas yang dipasarkan di Pasar Belik jelas sangat ramah dan terjangkau. Sebagian besar komoditi adalah produk yang dibikin oleh warga dan kebutuhan sehari-hari.

Kepala Desa Karanggedang dan seluruh perangkatnya juga siap buka lapak untuk berkonsultasi berbagai persoalan masyarakat. Mereka siap menerima aspirasi dan usulan warga untuk mematangkan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk mewujudkan gagasan ini, Pemerintah Desa Karanggedang sudah menggelontorkan anggaran dari Dana Desa 2017 sebagai modal penyertaan yang dikelola langsung oleh BUM Desa Maju Makmur. Pemasukan terbesar dari kegiatan ini adalah biaya retribusi dari pedagang dan parkiran.

Payung hukum berupa Peraturan Desa (Perdes) segera disiapkan untuk mendukung dan menggelorakan kegiatan ekomomi masyarakat desa. Pertukaran informasi dan penyediaan bahan pembelajaran tentang praktik inovasi desa melalui Sistem Dokumentasi Inovasi Desa dan Daerah Tertinggal semakin memudahkan perubahan di desa.

Narto, Pendamping Desa Kecamatan Sidareja, Cilacap.