Foto bersama TP PKK Desa Kemlagi dan Kader Dasa Wisma se Desa Kemlagi

www.kemlagi.desa.id – Dasa Wisma merupakan kelompok ibu-ibu yang terdiri atas 10-20 keluarga yang bertetangga untuk mempermudah berjalannya suatu program. Dasa wisma ada di setiap RT. Salah satu kegiatan dasa wisma adalah meningkatkan kesehatan keluarga.

Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Untuk itu, di harapkan agar Dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra.

Kader Dasa Wisma sedang ikuti pelatihan

Sejalan dengan peran strategis tersebut, Pemerintah Desa Kemlagi menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Dasa Wisma Desa Kemlagi pada hari Rabu, 15 Januari 2020 bertempat di Balai Desa Kemlagi.

Ketua Dasa Wisma RW, Ketua Dasa Wisma RT, Kader Dasa Wisma
dan Pengurus PKK Desa Kemlagi sedang ikuti pelatihan 

Peserta sejumlah 60 orang yang terdiri dari Ketua Dasa Wisma RW, Ketua Dasa Wisma RT, Kader Dasa Wisma, dan Pengurus PKK Desa Kemlagi.

Ibu Nyta Apriantini-Ketua TP PKK Desa Kemlagi membuka kegiatan, memberikan motivasi, juga memandu permainan kelompok untuk kekompakan, kerjasama, dan kepemimpinan. 

Pembukaan dilakukan oleh ibu Nyta Apriantini selaku Ketua TP PKK Desa Kemlagi sekaligus memberikan motivasi, juga memandu permainan Kelompok untuk kekompakan, kerjasama, dan kepemimpinan.

Ibu Siti Lam’ah-Pokja IV PKK Desa Kemlagi sedang berikan materi pelatihan

Acara kedua dipandu oleh ibu Siti Lam’ah dari Pokja IV PKK Desa Kemlagi yang memberikan materi terkait tupoksi Dasa Wisma, struktur, pola kerja, sekaligus administrasi pelaporan.

Semangat yang dibawa pada setiap acara PKK adalah meminimalisir sampah dengan kemasan yang ramah lingkungan berupa kemasan snack yang bisa dipakai kembali, meminimalisir sampah plastik dari kemasan air minum dengan penggunaan gelas, kemasan daun yang ramah lingkungan, juga pembuatan ecobrik sebagai upaya kita mengurangi sampah plastik.

Antusiasme ibu-ibu kader ikuti pelatihan

Harapannya, Dasa Wisma PKK bukan saja menjadi pengumpul data, penyuluh, dan memberi informasi, akan tetapi juga menjadi penggerak di masyarakat.

Dengan begitu Keberadaan dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran.

Kegiatan pelatihan ini bisa juga diakses di chanel youtube Desa Kemlagi

Ditulis oleh ibu Nyta Apriantini-Ketua TP PKK Desa Kemlagi

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

%d blogger menyukai ini: