Sejak dulu, masyarakat mengenal Desa Malahayu dengan waduk yang didirikan sejak zaman Belanda. Kini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, yakni Pokdarwis Geger Halang, menyulapnya kawasan waduk menjadi destinasi wisata Malahayu.

Desa Malahayu terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Berbagai inovasi kini diterapkan di desa itu. Banyak wahana yang bisa dinikmati pelancong untuk mengisi liburannya atau sekedar berekreasi di Desa Wisata Malahayu.

Pokdarwis Geger Halang melakukan terobosan dengan mengusung brand Desa Pelangi. Warga berswadaya mengecat rumah mereka berwarna-warni dan bervariasi dengan warna cerah yang menarik. Ada 178 rumah yang berada di Blok 1 Desa Malahayu yang dicat warna-warni. Selain dicat warna-warni, kebanyakan rumah di kampung ini digambari bunga dan karakter kartun.

Masyarakat Desa Malahayu juga memugar waduk dan membangun wisata taman bunga, sepeda air, dan sepeda gantung. Waduk dengan luas ±944 Ha mulai dibangun pada tahun 1930-an oleh Kolonial Belanda.

Waduk Malahayu menyuplai air melalui saluran irigasi ke lahan pertanian di sejumlah kecamatan. Waduk juga menjadi tempat para nelayan mencari ikan. Kini, masyarakat setempat mendirikan warung-warung di sekitar waduk dengan menu kuliner khas Malahayu.

Wahana wisata taman bunga bernama Bareng-Bareng Maju (BBM) Fantasi Land. Bunga Matahari menjadi ikon objek wisata ini. Lokasi BBM Fantasi Land dulunya adalah tempat sampah. Pokdarwis menyulap tempat sampah yang sangat kumuh itu menjadi objek wisata yang ramai.

Di sini wisatawan bebas mengambil foto, ikut panen biji bunga matahari, maupun jalan-jalan melihat kumpulan monyet yang manis. Pengunjung juga bisa membeli bibit Bunga Matahari seharga Rp 5.000 atau membeli bunga matahari seharga Rp 20.000 per pot.

Untuk lebih menarik pengunjung, Pokdarwis Geger Halang juga menggelar berbagai even di Desa Wisata Malahayu, seperti pertandingan Voli yang bekerjasama dengan Kemenpora RI dengan tajuk Malahayu Open Cup 2018.

Inovasi yang dilakukan para pemuda desa membuat decak kagum beragam kalang, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Brebes. Pemerintah kabupaten mendukung ide kreatif mereka dengan penambahan venue olahraga yang akan membuat Objek Wisata Malahayu makin semarak.

%d blogger menyukai ini: