Aneka stick berbahan dasar tepung terigu telah menjadi oleh-oleh khas Purbalingga. Produk yang mengusung merk dagang MagneStick itu diproduksi oleh warga Desa Pagerandong, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. Selain lezat, produk MagneStick termasuk cemilan sehat karena dibuat tanpa bahan pengawet, tanpa bahan pewarna, tanpa MSG. Magnestick juga digoreng menggunakan minyak yang berkualitas.

Produk MagneStick dirintis oleh Wiwit Raningatin, alumnus Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Usai menyelesaikan studinya, Wira, panggilan akrabnya, mendirikan badan usaha CV Berkah Rizki. Pada Juli 2016, Berkah Rizki memproduksi aneka camilan dengan merk dagang MagneStick. MagneStick mendapat sambutan dari masyarakat Purbalingga sehingga menjadi ikon baru kota itu.

Nama Inovasi MagneStick, Healty Snack For Better Life Style
Pengelola CV Berkah Rizki
Alamat Desa Pagerandong, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
Kontak Wiwit Raningatin S.Psi
Telepon +62-838-9359-9011
Media Sosial https://www.pictaram.org/magnestick

MagneStick mengusung tagline Healty Snack For Better Life Style. Wira berharap anak-anak dan remaja yang gemar ngemil mendapatkan camilan yang sehat dan bergizi sehingga pertumbuhan mereka tidak terganggu. Kini MagneStick menyediakan aneka varian rasa dan bahan baku, seperti rasa stick original, stick ubi ungu, stick ubi talas, dan stick sambalado.

Pilihan Wira untuk mendirikan usaha sendiri bukan tanpa hambatan. Keinginannya untuk memiliki usaha sendiri dan membawa nama Purbalingga sempat mendapatkan cibiran. Sebagian besar keluarganya lebih memilih bekerja sebagai karyawan pabrik dibanding mengembangkan usaha sendiri. Berkat dukungan ibunya, Wira mantap berwiraswasta mengibarkan bendera Berkah Rizki.

MagneStick, Snack Sehat dan Bergizi Produksi Warga Desa Pagerandong untuk Penggemar Cemilan

Kerjakeras dan keuletan Wira mulai menunjukkan hasil. Produk MagneStick sudah mendapat apresiasi pasar yang bagus, bahkan distribusi MagneStick sudah mulai merambah sejumlah kota di luar Purbalingga, seperti Yogyakarta dan Klaten. Penjualan MagneStick juga dilakukan secara online melalui media sosial.

Satu bungkus MagneStick berisi 150 gram, saat ini dijual dengan harga Rp 10.000,-  Di Purbalingga, MagneStick dapat didapatkan di Griya UMKM Purbalingga yang terletak di selatan Polres Purbalingga.

Baryati, pengelola BralinkID, bekerja di Pemerintah Kecamatan Kaligondang