Objek Wisata Paralayang Gunung Panten tengah menjadi primadona para pecinta olahraga paragliding atau gantole di Jawa Barat. Lokawisata ini selalu ramai dengan wisatawan, baik hari biasa maupun hari libur.

Gunung Panten terletak di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa barat. Sejak dulu Gunung Panten cukup dikenal warga karena keindahan panorama maupun faunanya. Tempat ini sangat indah dan memberikan sensasi yang berbeda pada para pengunjung.

Sejak 2010, Pemerintah Kabupaten Majalengka membuka arena olahraga paralayang yang meningkatkan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke lokawisata Gunung Panten. Sejak itu, nama Desa Sidamukti semakin terkenal sebagai ikon desa wisata di Kabupaten Majalengka. Terlebih, sejumlah atlet paralayang nasional dan internasional pernah merasakan sensasi Gunung Panten.

Nama Inovasi Lokawisata Gunung Panten
Pengelola Pemerintah Desa Sidamukti
Alamat Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Kontak Person Karwan (Kepala Desa Sidamukti)
Telepon +62-813-8153-4744

Untuk mencapai ke Gunung Panten, Anda hanya butuh waktu 20 menit dari Bundaran Munjul, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalan menuju lokasi relatif bagus dan lebar berkat dukungan pembangunan jalan kabupaten dari Pemerintah Kabupaten Majalengka pada 2016.

Saat ini, lokawisata Gunung Panten tak pernah sepi pengunjung, baik mereka yang ingin uji nyali mencoba terbang dengan paralayang maupun sekadar menikmati keindahan kota Majalengka dari puncak bukit tersebut.

Dari puncak Gunung Panten, pengunjung dapat melihat pemandangan ke arah utara, yaitu jalan raya Kadipaten-Cikijing yang membentang dan perumahan penduduk di sejumlah tempat yang terlihat indah.

Bila melihat ke arah Timur, ada Gunung Sela yang berada di Maja serta Gunung Ciremai terlihat jelas, terlebih bila sore hari saat gunung terkena sinar mata hari sore.

Bagi Anda yang ingin mencoba olahraga paralayang, Anda tak usah khawatir. Pengelola lokawisata Gunung Panten telah menyediakan fasilitas terbang tandem bagi pengunjung. Para operator paralayang sudah berpengalaman dan mengantongi sertifikat terbang. Jadi, meskipun Anda baru pertama kali mencoba, dijamin aman untuk terbang dengan paralayang.

Selain disuguhkan keindahan panorama alam di Gunung Panten, pengunjung juga bisa melihat ratusan kera dan kelelawar besar (kalong, sunda) yang ada di sebuah makam keramat tak jauh dari lokasi arena paralayang.

Untuk meningkatkan kunjungan, pada 2017, Pemerintah Desa Sidamukti membangun taman satwa di tempat itu. Jadi, selain menikmati panorama alam, pengujung juga dapat melihat berbagai macam satwa.

Sebelumnya, Pemerintah Desa Sidamukti telah melatih warganya untuk selalu ramah terhadap wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Mereka juga mengembangkan aneka produk olahan mangga Gedong Gincu melalui Program Village Tourisme Care and Development sebagai buah tangan khas Desa Sidamukti. Produk olahan buah mangga yang sudah dikembangkan berupa kerupuk mangga, nastar isi selai mangga, dan kue sistik mangga.

Desa Sidamukti merupakan salah satu desa penghasil mangga Gedong Gincu terbesar di Kabupaten Majalengka. Ada ribuan pohon mangga, warga Desa Sidamukti menanamnya di tanah perkebunan dan lahan pekarangan rumah.

Buah mangga gedong gincu asal Kota Angin, sebutan Kota Majalengka, merupakan varietas buah yang popular di kalangan penggemar buah mangga. Rasanya yang manis, beraroma harum, serta tampilan warna yang menarik.

Saat ini, Pemerintah Desa Sidamukti telah membangun pasar desa dengan harapan perdagangan dan perekonomian masyarakat terus berkembang. Popularitas Desa Sidamukti memikat Kementerian Dalam Negeri Timor Leste untuk melakukan studi banding selama dua hari pada 2016.

Sebuah pengembangan lokawisata desa yang terpadu dan paripurna. Mari berkunjung ke Sidamukti!