Kegiatan pemerintahan desa menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh warganya. Selain kegiatan pembangunan fisik, Desa Banjaran berinovasi untuk menumbuhkan kecintaan dan pelestarian kebudayaan setempat. Desa ini melatih warga anak-anak dan remaja tentang seni kuda kepang. Ke depan, inovasi desa ini akan mendukung potensi pariwisata dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Desa Banjaran terletak di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Desa Banjaran merupakan desa padat penduduk, sayang potensi sumber daya manusia yang berlimpah itu kurang termanfaatkan karena minimnya pengetahuan dan keahlian yang dimiliki warga. Sebagian besar warga mengenyam pendidikan umum, sementara yang menempuh pendidikan teknis sangat sendikit.

Nama Inovasi Pelatihan Seni Kuda Kepang
Pengelola Pemerintah Desa Banjaran
Alamat Desa Banjaran, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Kontak Mat Hamzah (Kepala Desa Banjaran)
Telepon +62-812-7113-2684

Hal itu tercermin dari komposisi pendidikan para perangkat desa yang rata-rata jebolan sekolah umum. Karena itu, Pemerintah Desa Banjaran berupaya mengembangkan minat dan bakat masyarakat setempat melalui pendekatan seni dan budaya lokal. Selain menumbuhkan minat dan bakat yang beragam, pendekatan ini dapat menjadi sarana pelestarian adat dan budaya.

Pelatihan petama yang dipilih adalah seni kuda kepang. Pelatihan seni kuda kepang dilakukan oleh para tetua desa. Meski usia mereka sudah tak muda lagi, para tetua sangat antusias menularkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki pada generasi muda.

Ada pepatah, sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui. Langkah untuk memanfaatkan keahlian para tetua desa mampu menyasar dua kelompok, yaitu anak-anak dan orang tua. Sebelum diberi mandat mengelola pelatihan untuk anak-anak, para tetua desa melatih warga terpilih untuk membentuk kelompok seni kuda kepang desa. Kini, kelompok seni itu sudah menjadi ikon baru bagi Desa Banjaran.

Selanjutnya, pelatihan anak-anak didukung oleh kelompok seni yang sudah terbentuk. Anak-anak senang dan antusias mengikuti pelatihan karena sudah memiliki model dari generasi yang lebih tua.

Inovasi yang diambil oleh Desa Banjaran menjadi pendekatan baru dalam pembinaan generasi muda. Generasi muda adalah aset berharga suatu daerah, jika generasi mudanya baik maka baiklah daerah tersebut. Terobosan ini perlu mendapat dukungan dari desa-desa lainnya, tak terkecuali Pemerintah Kecamatan Padang Cermin dan Kabupaten Pesawaran.

%d blogger menyukai ini: