Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, sebagian besar masyarakatnya berpencaharian sebagai petani. Letak geografis desa ini sangat cocok untuk lahan perkebunan kopi.

Bahkan, pusat penelitian kopi di Indonesia, ada di Desa Harjokuncaran, yaitu PTPN IX dengan varietas kopi robusta, kopi arabika, dan kopi liberika.

Luas lahan tanaman kopi di Desa Harjokuncaran, kurang lebih 380 ha, dengan produksi kopi lebih dari 500 ton per tahun. Adanya produksi kopi yang melimpah, 5 kelompok tani di desa tersebut berinovasi untuk membuat produk kopi dengan mempertahankan tradisi pengolahan kopi secara tradisional, yang dikemas secara elegan dengan merk “KOPI HAKA”.

Inovasi:

Pengemasan produk kopi yang dapat diterima pasar dan memiliki daya tahan terhadap hasil pengelolaan tradisional kopi Harjokuncaran.

Proses:

Secara teknis, kopi yang di olah secara tradisional tersebut dimulai dari pasca panen, meliputi:

Pemetikan biji kopi dengan sistem M95BS3 (Merah 95% Bersih Sehat Segar Seragam)
Proses Rambang, yaitu pemisahan biji yang berkualitas dengan biji yang terserang penyakit dengan memasukkan biji merah ke dalam wadah yang berisi air.
Fermentasi, yaitu proses pemeraman biji kopi merah ke dalam suatu wadah dengan teori anaerob minimal 24 jam.
Pulping, yaitu proses pemisahan kulit cherry dengan bean kopi dengan menggunakan alat.
Penjemuran, yaitu proses pengeringan biji kopi.
Tumbuk, yaitu proses pemecahan kulit cangkang secara tradisional.
Sortasi, yaitu proses pemilahan antara biji kopi yang baik dan biji yang defect.
Sangrai, yaitu proses penggorengan kopi secara tradisional dengan menggunakan alat yang terbuat dari tanah liat.
Pengemasan
Hasil:

Meskipun “KOPI HAKA” diolah secara tradisional, tetapi cita rasanya tidak kalah dengan pengolahan secara modern menggunakan mesin. Dengan adanya produk kopi ini, dapat mengangkat harga kopi petani lokal, dan dapat mengangkat nama baik Desa Harjokuncaran, maupun Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pembelajaran:

Persaingan pasar dan peningkatan ekonomi petani kopi diatasi dengan pengelolaan yang tepat, salah satunya meningkatkan kualitas kemasan.

Kontak Informasi:

(081259627887)

%d blogger menyukai ini: