Popularitas Kopi Cilumping terus meroket. Kopi Cilumping sudah dipasarkan dengan kemasan yang baik dan menarik. Cita rasa Kopi Cilumping yang khas membuat kopi ini mampu menembus pasar ekspor.

Desa Cilumping terletak di Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Desa ini merupakan desa di ujung paling utara Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Nama Inovasi Kopi Cilumping
Pengelola Organisasi Tani Lokal (OTL) Desa Cilumping
Alamat Desa Cilumping, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Imam Hamidi
Telepon +62-812-3063-6445

Wilayah Desa Cilumping berada diketinggian antara 300-1.300 meter di atas permukaan air laut. Perkebunan kopi warga berada di ketinggian antara 800-900 meter di atas permukaan air laut, sehingga udara di daerah itu terasa sangat sejuk.

Kopi jenis robusta itu dibudidayakan penduduk desa di kebun-kebun seluas 300 hektare. Saat tanaman kopi tengah berbunga, harum wangi aroma bunga kopi akan tercium oleh siapa yang melintas di kawasan perkebunan kopi tersebut.

Kopi Cilumping belum sepopuler kopi Temanggung atau kopi Lampung. Namun, para petani percaya biji kopi robusta terbaik tumbuh di Desa Cilumping. Ada adagium, “rasa tidak pernah bohong”. Meski perlahan, nama Desa Cilumping mulai terangkat di kalangan penikmat kopi sebagai penghasil kopi berkualitas.

Popularitas Kopi Cilumping semakin bersinar setelah kopi tersebut mengikuti Coffee, Tea and Cocoa (COTECA) Expo, yang digelar di Hamburg, Jerman pada 2019. Meski baru kali pertama dipamerkan, kopi cilumping langsung menarik perhatian penggemar kopi dunia.

Tindak lanjut dari pameran itu, para petani kopi Desa Cilumping terus mendorong produknya menjadi komoditas ekspor. Saat ini, kapasitas produksi kopi cilumping baru mencapai 150 ton pertahun sehingga para petani belum mampu memenuhi permintaan ekspor secara kontinu.

Untuk mengatasi kendala tersebut, petani tengah memperluas lahan penanaman agar ketersediaan biji kopi bisa tetap terjaga. Para petani berharap Kopi Cilumping akan menjadi duta desa di kancah internasional.

%d blogger menyukai ini: