Peran Pos Layanan Terpadu (Posyandu) dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan Bayi Usia Lima Tahun (Balita) itu penting. Namun, kesadaran seorang ibu untuk merawat dan menjaga kesehatan sang buah hati dengan baik adalah hal yang paling penting.

Untuk itu, Pemerintah Desa Pondokagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang mencetus Komunitas Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) pada 2007. Komunitas ini berperan untuk menurunkan angka Bawah Garis Merah (BGM) melalui kegiatan Pemberian Makanan Tamabahan (PMT) di semua Posyandu.

Nama Inovasi IBALIDU (Ibu Balita Perduli Posyandu)
Pengelola Kader Desa Pondokagung
Alamat Desa Pondokagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Ahmad Subekti
Telepon +62-858-1662-6581

Pada 2016, Program GSC berhenti. Namun, kepedulian para anggota Komunitas GSC begitu tinggi sehingga menggelar musyawarah untuk melanjutkan aktivitas PMT pada setiap kegiatan Posyandu.

Dari situ, tercetuslah gagasan inovatif yang dinamakan dengan Ibu Balita Perduli Posyandu (IBALIDU). IBALIDU melanjutkan kegiatan PMT di setiap Posyandu dengan menyiapkan menu asupan gizi hingga urusan keuangan secara sukarela.

Kegiatan tersebut berdampak positif dalam peningkatan gizi anak, sekaligus mengubah pola pikir kaum ibu di Kecamatan Kesembon. Berkat IBALIDU, perhatian masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan gizi dan kesehatan anak semakin baik.