Dalam menghadapi musim kemarau dan mengurangi kegagalan panen di area sawah seluas 25 Hektar karena kekurangan pasokan air dari irigasi sekunder kurang memadai maka Pemerintah Desa Tambakreja dan Pendamping Lokal Desa bekerjasama untuk memfasiltasi masyarakat petani yang memang kekurangan pasokan air dari irigasi sekunder, maka dibuatlah Kolam penampungan air yang berukuran 3 x 12,20 m dengan tinggi Kolam 90 cm dan dibuatkan pula tempat untuk mesin pompa 3 x 3 m.

Kolam penampung air tempatnya berada di pinggir sungai dan sawah sehingga sangat memudahkan sekali untuk menyalurkan air dari sungai ke kolam penampung dan langsung diteruskan ke saluaran irigasi irigasi yang menuju sawah sawah yang memang kekurangan air.

Nama Inovasi Bak Penampung Air
Pengelola Pemerintah Desa Tambakreja
Alamat Desa Tambakreja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Kontak Nurudin Sahid (Kepala Desa Tambakreja)
Telepon +62-858-6424-9945

Dengan adanya ide kreatif ini muncul dari sang bapak kepala Desa langsung berkoordinasi dengan pendamping local Desa untuk memfasilitasi dan minta pendapat mengenai tempat dan ketehnikan bangunan air yang sesuai dengan ide ide cerdas.

Dengan adanya Banguna Kolam penampung air yang bisa menampung kebutuhan air sebanyak 24 kubik, bisa merasakan manfaatnya untuk para petani Desa Tambakreja Dusun Sidodadi (Blok Makam ) diantaranya :
1. Sawah sawah di areal Blok makam menjadi sawah yang Produktif tercukupi kebutuhan airnya.
2. Akan timbul rasa kepercayaan masyarakat petani tehadap Pemerintahan Desa Tambakreja karena kebutuhan Petani merasa diperhatikan dan diberi Solusi.

Maryono, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Lakbok, Ciamis (085 864 249 945)