Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera membawa banyak manfaat bagi Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. KIM Lentera sering menjadi jujugan bagi daerah-daerah yang tengah mengembangkan inisiasi serupa, bahkan reputasinya melambung hingga Asia Tenggara. KIM Lentera didaulat sebagai model pengembangan masyarakat berbasis komunitas (community center).

Modal dasar pengembangan KIM cukup komitmen anggota. KIM Lentera berperan sebagai mediator, fasilitator, katalisator, bahkan provokator untuk hal-hal yang positif bagi masyarakat. KIM Lentera memiliki slogan, “Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi manusia lain.”

Nama Inovasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera
Pengelola Pemerintah Desa Karanganyar
Alamat Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
Kontak Person Tofik(Kepala Desa)
Telepon +62-813-2712-3467
Website http://karanganyar.desa.id

Dari slogan itu, KIM Lentera mampu bergerak dan menggerakkan masyarakat Desa Karanganyar. Semua pegiat KIM Lentera bekerja tanpa dibayar. Jiwa volunteerisme inilah membawa nama KIM Lentera terus berkibar hingga menjadi lokasi studi banding bagi sejumlah community center dari Negara Malaysia pada 2015.

Dana kegiatan KIM Lentera berasal dari pihak sponsor atau pihak ketiga. KIM Lentera memiliki jaringan kerja yang cukup luas, baik di lingkungan pemerintahan, swasta, dan masyarakat. Beragam media dimanfaatkan secara efektif oleh para pegiat KIM Lentera, terutama melalui media sosial Facebook maupun Twitter. Selain itu, KIM Lentera mengelola radio komunitas yang program siarannya dapat diakses melalui radio analog maupun audio streaming di internet.

Semua kegiatan yang dilakukan KIM Lentera berawal dari hasil-hasil Juguran setiap Kamis Pon. Dari juguran itu muncul ide-ide dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KIM Lentera, seperti pemberian santunan anak yatim, pengajian akbar, dan kegiatan lainnya. Dari juguran itu, KIM juga telah melahirkan satu anggota DPRD dan satu Kepala Desa.

Anggota KIM Lentera memiliki sejumlah produk unggulan, seperti wedang menir, sambel knalpot, temu lawak, kopi gua lawa, keripik pisang, dan kerajinan bambu. KIM Lentera menjadi ruang bagi mereka untuk memperbaiki mutu produk, sekaligus promosi dan pemasaran.

Kompetensi untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi menjadi menu wajib bagi anggota KIM Lentera. Para anggota dididik untuk pintar menggunakan komputer, internet, menulis, pemasaran, dan skill broadcasting melalui pelatihan dan beragam kegiatan penunjang lainnya. Tak berlebih bila KIM Lentera menjadi sinar penerang bagi masyarakat Desa Karanganyar.

Tofik, Kepala Desa Karanganyar Purbalingga