Inovasi yang dikembangkan Pemerintah Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas bersama BUMDes Berkah Maju Bersama  dalam  melakukan terobosan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa, kini telah membuahkan hasil yang cukup membanggakan, melalui unit usaha pengelolaan sampah organik menjadi kompos, kini telah berkembang dengan budi daya larva lalat hitam Maggot Black Soldier Fly (BSF) yang memanfaatkan sampah organik.

Larva lalat hitam tersebut kemudian bisa menjadi pengganti pakan ikan maupun hewan ternak yang saat ini banyak diburu oleh para pembudidaya ikan lele.  Penggunaan Maggot untuk pakan ikan lele ternyata pertumbuhan lele menjadi luar biasa, sebagaimana terucap oleh salah seorang pembudidaya ikan lele dikawasan tersebut.

Nama Inovasi Budi daya larva lalat hitam Maggot Black Soldier Fly (BSF)
Pengelola BUMDes Berkah Maju Bersama
Alamat Desa Rempoah Kec. Baturaden Kab. Banyumas
Kontak Sugeng Pujihartono (Kepala Desa)
Telepon +62-858-6869-9543

 

BUMDes Berkah Maju Bersama didirikan tahun 2017 dengan berbagai unit usaha antara lain pengadaan air bersih, pengelolaan sampah organik, perdagangan dan keterampilan, melalui inovasi yang dikembangkan  dengan dukungan penyertaan modal usaha dari dana desa terutama dalam pembudidayaan larva lalat hitam Maggot Black Soldier Fly (BSF) yang memanfaatkan sampah organik, telah mem-buku-kan keuntungan yang memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Saat ini Panen Maggot dilakukan setiap tiga hingga empat hari sekali dan dari enam kotak budi daya milik BUMDes hanya lima kotak yang dijual, satu kotak lainnya akan dibiarkan tumbuh menjadi lalat hitam. Setiap kali panen, dalam satu kotak bisa menghasilkan Maggot sebanyak 10-15 kilogram dan dalam satu minggu bisa menjual sebanyak 60-70 kilogram, selanjutnya warga ikut memanfaatkan sampah organik untuk membudidayakan larva lalat hitam, sehingga bisa memetik keuntungan ekonomi dari pengolahan sampah sekaligus menopang kemandirian ekonomi masyarakat.

Usaha pembuatan kompos dan budi daya larva lalat hitam Maggot Black Soldier Fly (BSF) mengalami kendala dalam memperoleh bahan baku organik pendukung dan adanya keterbatasan tenaga kerja, melalui Subdit Kerjasama dan kemitraan Masyarakat Desa (KKMD) Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa Ditjen PPMD Kemendesa PDTT, telah diberikan dukungan melalui fasilitasi  kerjasama/ kemitraan dengan desa-desa di kab. Karangayar  Prov. Jawa Tengah yaitu dengan Desa Jaten Kec. Jaten, Desa Jatipuro Ke. Jatipuro, Desa Genengan Kec. Jumantono dan Desa Papahan Kec. Tasikmadu.

Nota Kesepahaman Kerjasama Kemitraan telah ditandatangani  oleh para kepala desa bersama BUMDes  masing-masing dalam sebuah acara yang disaksikan oleh Bpk. Utomo Sidi Hidayat Kepala Dinas PMD Kab. Karanganyar dan ibu Luluk Nurhamidah yang merupakan Anggota DPR RI periode 2019-2024.

%d blogger menyukai ini: