Desa Tenggir berinovasi memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk program layanan akses kesehatan bagi warga kurang mampu. Program itu bernama Kartu Tenggir Sehat (KTS). Desa Tenggir menggandeng Puskesmas Kecamatan Panji warga desa tidak tercover dalam BPJS, KIS, SPM, ataupun program kesehatan lainnya.

Desa Tenggir terletak di Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kartu Tenggir Sehat (KTS) merupakan program inovasi desa dengan dukungan anggaran dari Dana Desa (DD). Program ini sesuai dengan mandat Undang-undang No 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri soal Pengelolaan Keuangan Desa.

Nama Inovasi Kartu Tenggir Sehat (KTS)
Nama Inovasi Pemerintah Desa Tenggir
Nama Inovasi Desa Tenggir, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Kontak Surnaedi (Kepala Desa Tenggir)

Program ini sengaja dirintis untuk mewujudkan kepeduliannya pemerintah desa kepada masyarakat. Dengan program ini, Desa Tenggir berharap agar masyarakat dapat berobat secara gratis di Puskesmas dan tidak perlu membayar uang bulanan, khususnya masyarakat yang kurang mampu.

Program ini ditetapkan sebagai program desa setelah melalui tahapan Musdes RKPDesa dan APBDesa, bahkan menjadi usulan prioritas masyarakat agar besarnya DD bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat.

Program Kartu Tenggir Sehat (KTS) dapat direplikasi oleh sejumlah desa dampingannya di Kecamatan Panji, terlebih banyak masyarakat yang membutuhkan. Kartu Tenggir sehat merupakan wujud fungsi Dana Desa untuk meningkatkan layanan dasar, terutama layanan pendidikan dan kesehatan.

%d blogger menyukai ini: