Mangliawan adalah nama sebuah desa di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Secara geografis, Desa Mangliawan, khususnya Dusun Lowoksuruh, memiliki potensi alam yang dapat dijadikan objek wisata, yaitu sumber air. Kebetulan lokasi desa ini berdekatan dengan wisata Taman Air Wendit.

Agar aset desa tersebut bermanfaat bagi masyarakat, maka digagaslah pembuatan wisata desa bernama Kampung Banyu. Tujuan pengembangan lokawisata Kampung Banyu adalah menjadikan Dusun Lowoksuruh terbebas dari sampah dan memberikan pilihan alternatif wisata yang terjangkau, bahkan gratis untuk masyarakat sekitar dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Nama Inovasi Kampung Banyu
Pengelola Pemerintah Desa Mangliawan
Alamat Dusun Lowoksuruh, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Abdul Muntholib 9Kepala Dusun Lowoksuruh)
Telepon +62-812-1644-1728

Inovasi Kampung Banyu sudah berjalan sekitar dua tahun. Dalam perkembangannya, tidak hanya masyarakat sekitar yang berkunjung. Para pengunjung dari luar desa banyak yang berdatangan ke objek wisata desa ini.

Pengunjung biasanya memanfaatkan sumber air untuk mandi dan bersantai. Saat masa liburan atau akhir pekan, jumlah pengunjung yang datang selalu meningkat. Uniknya, sumber pembiayaan operasional wisata desa tersebut dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

Sampai saat ini, Kampung banyu memang belum signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, setidaknya mampu memberi stimulus kepada masyarakat agar peduli dengan potensi yang ada.

Kendala utama yang dihadapi adalah terkait pembiayaan dan sistem pengelolaan yang belum bagus. Terlihat dari tiket masuk yang belum ditentukan secara nominal. Sementara ini, pengelola mengandalkan pendapatan dari parkir dan donasi sukarela pengunjung untuk kegiatan operasional, perbaikan, dan peningkatan fasilitas Kampung Banyu.