Untuk meningkatkan ekonomi pertanian, Pemerintah Desa Karanggedang membangun jalan poros menuju kecamatan sebelah. Jalan poros menghubungkan Desa Karanggedang dengan Dusun Sindeh, Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu. Pembiayaan jalan poros menggunakan pos Dana Desa (DD) tahun 2019. Selain mendongkrak ekonomi petani, jalan poros dibangun untuk menguatkan hubungan warga antardesa yang sudah berlangsung ratusan tahun yang lalu.

Desa Karanggedang merupakan salah satu desa di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Awalnya kondisi jalan poros hanyalah jalan setapak. Sudah ratusan tahun, jalan itu digunakan warga Desa Karanggedang untuk sampai Kecamatan Gandrungmangu. Para petani Desa Karanggedang menggunakan jalan itu untuk menuju lahan pertanian mapun mengangkut hasil panen mereka.

Nama Inovasi Jalan Poros Desa
Pengelola Pemerintah Desa Karanggedang
Alamat Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Saryo (Kepala Desa Karanggedang)
Kontak ‎+62-853-2520-3096

Warga Desa Karanggedang berharap pembangunan jalan poros akan memudahkan aktivitas pertanian sekaligus meningkatkan ekonomi keluarga. Berkat pembangunan jalan poros, harga tanah di Desa Karanggedang meningkat karena penurunan biaya transportasi hasil panen pertanian. Keindahan panorama alam yg terlewati jalan baru ini diharapkan bisa lahir destinasi wisata agro yg merupakan pendukung wisata yg ada di Desa Karanggedang, seperti Kemit Forest Education.

Jalan setapak sepanjang 600 meter disulap menjadi jalan poros selebar lebar 6 meter melalui giat Program Karya Tunai (PKT) dengan anggaran Rp 151.000.000 dari Dana Desa 2019. Kegiatan ini mampu menyerap 1.200 Hari Orang Kerja (HOK) sehingga pemasukan membantu masyarakat miskin, baik mereka yang nganggur maupun setengah nganggur.

Selain jalan poros, Pemerintah Desa Karanggedang juga membangun jalan baru menuju area pertanian Pacir Ipis dengan anggaran Rp 51.000.000,- Pembangunan dua jalan baru sudah menjadi kesepakatan warga yang tertuang dalam RPJMDes masa kepemimpinan kepala desa sebelumnya. Kepala desa baru tetap melanjutkan rencana tersebut.

Pembangunan jalan merupakan usaha inovasi Desa Karanggedang untuk keluar dari isolasi desa terpencil. Wilayah Desa Karanggedang merupakan dataran tinggi dan perbukitan.

Narto, Pendamping Desa Kecamatan Sidareja, Cilacap

%d blogger menyukai ini: