Ikan teri adalah produk utama dari hasil laut di Desa Padelegan, Kabupaten Pamekasan. Wilayah Desa Padelegan terletak di wilayah pesisir selatan Pulau Madura. Desa Padelegan terletak di wilayah pesisir selatan Pulau Madura. Sektor kelautan merupakan salah satu yang berkontribusi besar terhadap aktivitas ekonomi Desa.

Dari identifikasi sumber daya laut yang dimanfaatkan adalah tangkapan ikan yang umumnya ikan teri dan sebagian kepiting. Dari seluruh tangkapan ikan ada yang dijadikan komoditi ekspor, dijual di pasaran lokal, dikonsumsi sendiri dan ada pula yang dipasok atau dijual di restoran.

Nama Inovasi Ikan Teri Kemasan
Pengelola Pemerintah Desa Padelegan
Alamat Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Ikan teri selalu ada di sepanjang musim penghujan. Sementara di musim kemarau jumlahnya sedikit. Hasil tangkapan ikan selanjutnya oleh para nelayan umumnya ada yang dijual gudang atau pabrik ekspor ikan teri ke Jepang dan ada yang diolah sendiri sebagai komoditi industri rumah tangga yang saat ini sudah mulai bersaing jumlah pasokannya dengan pabrik.

Selain diolah di industri rumahan dan ekspor, ikan teri juga dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan rumah tangga dan juga dijual di pasar lokal. Pengolahan ikan teri di Desa Padelegan, baik untuk ekspor dan untuk industri rumahan, sudah memiliki prosedur, mulai dari penimbangan, pencucian, sortir, hingga pengemasan dan pengiriman.

Kebanyakan ikan teri masuk ke gudang atau pabrik ekspor. Pemasaran ke gudang/pabrik hal ini disebabkan karena kemudahan akses bagi para nelayan. Namun nelayan tidak mengetahui kelanjutan harga dan lain sebagainya. Padahal harga ikan teri di pasar lebih mahal.

Pasar ikan yang ada di Desa Padelegan rupanya hanya masih dikunjungi oleh kebanyakan orang setempat. Kepala Desa memiliki visi hendak memperbaiki kembali fungsi pasar ikan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan produksi dan pemasaran ikan dari hasil nelayan yang berikutnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Sumber: Alamanak Desa 2016, Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Kementerian Desa PDTT