Hutan Pinus Palatta telah menjadi objek wisata alam yang digandrungi banyak kalangan di Kabupaten Polewali Mandar. Di sini, ada sejumlah wahana wisata yang menguji adrenalin para pengunjungnya. Bagi penyuka fotografi, pengelola juga menyediakan sejumlah spot menarik, seperti kursi bambu dan gazebo yang eksotik.

Luasan Hutan Pinus Palatta ada 50 Ha. Pengunjung bisa bersantai bersama keluarga atau teman-teman sambil menghirup udara segar, berfoto, atau sekadar jalan-jalan santai. Keindahan, suasana, udara di hutan pinus sangat berbeda dengan kota. Tak berlebihan bila Hutan Pinus Palatta sering disebut sebagai serpihan surga yang tertinggal di Polewali Mandar.

Nama Inovasi Hutan Pinus Palatta
Pengelola Pemerintah Desa Palatta
Alamat Desa Palatta, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Hutan Pinus Palatta terletak di Desa Palatta, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, dari pusat Kecamatan Wonomulyo menuju ke Kantor Camat Tapango sejauh 4 Km. Dari kantor camat, pengunjung tinggal menyusuri jalan Desa Tapango-Palatta lalu melewati bukit hijau yang menampakkan pemandangan luas.

Jarak tempuh dari Kantor Camat Tapango ke Palatta, sekitar 4 km lagi melewati bukit hijau wilayah Tapango, setelah itu pengunjung akan memasuki kawasan wisata hutan pinus Palatta. Sementara ini, pengunjung tak perlu membayar sepersen pun untuk menikmati keindahan wisata hutan pinus Palatta.

Kecamatan Tapango memiliki topografi dataran tinggi yang luas sehingga terdapat banyak potensi wisata alam. Selain hutan pinus, ada destinasi pesona air terjun. Para wisatawan serasa dimanjakan oleh pesona alam di Kecamatan Tapango, Polewali Mandar.

Diolah dari http://pattae.com