Sebagian besar masyarakat Desa Dayah Tidiek bekerja sebagai petani/pekebun. Gampong Dayah Tidiek menyumbang produksi beras terbesar di Kabupaten Pidie. Tak heran, gampong ini dikenal industri pangan terbaik di Kabupaten Pidie.

Gampong Dayah Tidiek merupakan salah satu desa di Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie, Aceh. Pusat pemerintahan Gampong Dayah Tidiek berada di Kota Beureunuen. Lima tahun terakhir, gampong mampu memproduksi bibit padi terbaik yang didistribusikan ke desa-desa di seluruh Kabupaten Pidie.

Nama Inovasi Benih Padi dalam Kemasan
Pengelola Pemerintah Gampong Dayah Tidiek
Alamat Gampong Dayah Tidiek, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie, Aceh
Kontak Amlisyah (Keuchik Gampong Dayah Tidiek)
Telepon +62

Kunci keberhasilan Gampong Dayah Tidiek terletak pada kemampuan dan inovasi para petaninya dalam memuliakan bibit. Kini, benih padi dari Gampong Dayang Tidiek sudah memiliki sertifikat resmi. Bahkan, pada 2018, mereka mampu menjual paket benih sebanyak 10 ton pada Dinas Pertanian dalam bentuk benih dalam kemasan.

Pemerintah Gampong Dayah Tidiek membeli gabah dari masyarakat. Setelah itu, gabah diolah dalam laboratorium bibit milik pemerintah gampong. Untuk menghasilkan bibit yang baik, diawali dengan pemilihan lahan dan kelompok tani yang menjadi mitra kerja. Pemerintah gampong juga memberikan benih sumber untuk ditanam oleh kelompok tani.

Awalnya, mereka pengajuan proses sertifikasi kepada Dinas Pertanian. Selanjutnya, dinas melakukan pemeriksaan lapang pendahuluan, roguing, dan pemeriksaan lapang fase vegetatif, fase berbunga dan fase masak. Pada fase panen, para petani juga memperhatikan proses perontokan, pengeringan, pembersihan, penumpukan/loting, pengujian laboratorium.

%d blogger menyukai ini: