Pemerintah Desa Pangkah Kulon memiliki usaha air minum dalam kemasan (AMDK) gelas bernama ‘Gajero’. Pengembangan unit usaha desa AMDK dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Satu kardus Gajero dihargai Rp 15 ribu. Produk ini menjadi produk unggulan desa, sekaligus kegiatan pelestarian budaya leluhur.

Desa Pangkah Kulon terletak di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Nama Gajero diambil dari nama sumur tua di Desa Pangkah Kulon yang menjadi sumber mata air produk AMDK. Pemberian nama itu juga mengandung nilai moral untuk pelestarian budaya leluhur. Gajero memenuhi kebutuhan air siap minum warga desa.

Nama Inovasi Air Kemasan Gajero
Pengelola Pemerintah Desa Pangkahkulon
Alamat Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Kontak Ahmad Fauron, S.Sos.I (Kepala Desa)
Telepon +62-31-3941470
E-mail pemdespangkahkulon01@gmail.com
Website http://pangkahkulon.desa.id

Prospek pasar Gajero sangat menjanjikan karena kebutuhan masyarakat akan air minum sangat tinggi. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pangkah Kulon sebagai pengelola unit bisnis tengah merencanakan kemasan botol hingga galon. Ke depan, distribusi AMDK Gajero akan diperluas hingga luar Desa Pangkah Kulon.

Pemerintah Kabupaten Gresik mengapresiasi atas inovasi Desa Pangkahkulon yang berani membuat usaha air minum. Ia menilai desa yang berada di Gresik utara ini mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dari 356 desa lurah di Kabupaten Gresik baru desa Pangkah kulon yang mempunyai produk AMDK.

Hal ini selaras dengan program pemerintah Kabupaten Gresik yang ingin membuat setiap desa memiliki satu sumur bor untuk pemenuhan air bersih namun belum terwujud. Inisiatif yang dilakukan Desa Pangkah klulon membuat Pemkab Gresik merekomendasikan desa-desa lain untuk belajar ke Pangkahkulon.

%d blogger menyukai ini: