Pemerintah Desa Kumpulrejo menggelar Festival Waluh. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan produk lokal, yakni Waluh atau Labu Kuning. Selama festival, warga desa menunjukkan beragam inovasi dan kreativitas dalam mengolah menjadi produk pangan.

Desa Kumpulrejo terletak di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Festival Waluh digelar di lapangan desa. Acara ini rutin digelar bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI sehingga beragam kalangan ikut meramaikan acara.

Festival Waluh 2019 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan festival. Berkat festival ini, masyarakat Desa Kumpulrejo bersemangat untuk berinovasi membuat produk turunan berbahan baku waluh.

Kali ini, panitia mengusung topik dodol berbahan baku waluh. Semua inovasi dodol nantinya akan dibagikan ke masyarakat sekitar.

Selain itu, di sekitar lapangan terdapat stan-stan makanan, yang memamerkan produk UMKM dari masyarakat Desa Kumpulrejo.

Kini, olahan waluh telah menjadi identitas baru bagi Kabupaten Bojonegoro. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengapresiasi positif kegiatan festival. Mereka siap bekerjasama dengan desa untuk meningkatkan inovasi desa tersebut menjadi inovasi kabupaten.

%d blogger menyukai ini: