Desa Sudagaran, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap merupakan dataran rendah yang rawan genangan air bila musim penghujan tiba. Sejumlah tanah kas Desa Sudagaran sulit dikembangkan menjadi lahan pertanian produktif karena selalu tergenang air dengan ketinggian yang cukup tinggi.

Salah satu kegemaran dan keahlian warga Desa Sudagaran adalah memancing. Tradisi ini dilestarikan turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Tak heran, hobi memancing ikan acapkali menjadi sumber mata pencaharian bagi warga desa.

Di Desa Sudagaran juga banyak wilayah yang berupa rawa dan daerah aliran sungai. Rawa dan sungai merupakan ekosistem yang baik untuk kehidupan ikan air tawar.

Nama Inovasi Lokawisata Kolam Pemancingan
Pengelola Pemerintah Desa Sudagaran
Alamat Desa Sudagaran, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Turasman (Kepala Desa Sudagaran)
Telepon +62-821-3802-0110

Melihat potensi desa tersebut, Pemerintah Desa dan para pemerhati desa tergerak untuk mengembangkan wirausaha desa berupa wisata pemancingan. Pada 2017, Kepala Desa Sudagaran, Turasman, memprogramkan pembangunan empang di tanah kas desa seluas 1 Ha. Lokasi pembangunan empang merupakan tanah kas desa yang masuk dalam kategori tidak produktif.

Pembangunan empang merupakan salah satu bagian dari konsep pengembangan kolam pemancingan. Kolam pemancingan diharapkan mampu menumbuhkan lokawisata di Desa Sudagaran. Terlebih, lokasi empang terletak di pinggir sungai yang bisa menjadi destinasi wisata air.

Untuk mewujudkan lokawisata kolam pemancingan sebagai destinasi wisata keluarga, Desa Sudagaran akan melengkapi fasilitas permainan di lokasi tersebut. Ada perahu wisata, bebek-bebekan, angsa-angsaan, dan aneka wahana keratif lainnya.

Selain memancing, sejumlah warga Desa Saudagaran memproduksi aneka makanan khas desa. Sebagian besar makanan khas Desa Saudagaran dibuat dari olahan produk pangan berbahan baku lokal, seperti tepung beras, gula kepala, pisang, umbi-umbian dan lainnya. Beragam makanan khas itu dapat menjadi sajian dan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Jalan akses menuju kolam wisata pemancingan tengah dalam proses perbaikan dengan dukungan Dana Desa 2017. Pada 2018, Pemerintah Desa Saudagaran akan membuka lokawisata ini terbuka untuk umum. Mereka berharap langkah ini mampu menciptakan Pendapatan Asli Desa (PADes) baru bagi desa.

Narto, S.Kom.I, Pendamping Desa Kecamatan Sidareja, Cilacap