Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menaruh perhatian besar pada sektor kehutanan. Letak desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Halimun Salak membuat sebagian besar masyarakat tergantung pada pengolahan hasil hutan. Bukti keseriusan Desa Kiarasari pada pengembangan hutan lestari, pada 2015, mereka mendapat Sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). SVLK merupakan pengakuan pemerintah atas kerja pengembangan usaha hutan rakyat oleh masyarakat Desa Kiarasari.

Nama Inovasi Desa Wana Lestari
Pengelola Pemerintah Desa Kiarasari
Alamat Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat
Kontak Person Nurodin SH(Kepala Desa Kiarasari)
Telepon +62-857-7777-7735
Website http://kiarasari.desa.id

Program tersebut memiliki payung hukum dalam bentuk Peraturan Desa. Pemerintah desa memfasilitasi kegiatan di bidang lingkungan hidup, seperti program Desa Wisata, Penanggulangan Sampah, dan pencanangan program Sanitasi Berbasis Masyarakat. Program bidang lingkungan hidup dan kehutanan ini merupakan terjemahan dari Visi Pemerintah Desa Kiarasari menuju MANISS (Mandiri, Agamis, Newsistem, Inovatif, Sehat dan Sejahtera).

Fokus kerja Kelompok Tani Hutan Rakyat (KTHR) dan Pemdes Kiarasari seputar pengembangan hutan rakyat dan menyelamatkan lingkungan. Desa Kiarasari berada di daerah hulu, di sana terdapat 12 Sumber air untuk konsumsi dan 5 sumber air yang berfungsi untuk irigasi. Karena itu, upaya penyelamatan untuk sumber air wajib dilakukan.

Program penyelamatan sumber air ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan melakukan penanaman di lahan masing-masing. Jenis tanaman yang dikembangkan adalah jenis buah dan kayu. Data KTHR Kiarasari sepanjang tahun 2017 jumlah tanaman rakyat mencapai 125.000 Pohon yang tersebar di 8 RW atau 14 Kampung.

Kunci dari gerakan pelestarian lingkungan adalah sinergi para pihak di Desa Kiarasari. Ada pepatah yang dipercaya oleh masyarakat Desa Kiarasari, apaliba lingkungan terjaga maka kehidupan masyarakat semakin sejahtera. Wariskan mata air kepada anak cucu karena lingkungan adalah jaminan kehidupan. Tak berlebihan bila Desa Kiarasari mendapat anugrah sebagai Juara I Lomba Wanalestari tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017.